Selasa 29 May 2018 14:00 WIB

Olahan Lezat dari Buah Nanas

Jangan hanya mengejusnya, nanas juga enak untuk dibakar dan dijadikan kue.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Buah nanas.
Foto: AP
Buah nanas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popularitas nanas membuatnya menjadi buah tropis yang banyak diburu di sejumlah negara. Menurut data dari Tesco, penjualan buah nanas meningkat 15 persen tahun lalu, belum lagi kenaikan permintaan sederet produk olahannya.

Nanas dianggap sebagai makanan sehat yang bisa diolah menjadi berbagai menu lezat. Berikut sederet alternatif menu olahan lezat dari buah nanas yang bisa dicoba sendiri di rumah, seperti dikutip dari laman Which.

Jus atau smoothie

Jika Anda membutuhkan minuman segar yang bisa menghilangkan dahaga dalam sekejap, jus atau smoothie nanas adalah jawaban tepat. Untuk variasi, kombinasikan dengan buah lain seperti mangga, pisang, atau markisa.

Nanas panggang

Nanas panggang adalah gabungan tepat untuk burger dan daging panggang di pesta barbekyu. Nanas yang panas, manis, dan berasap membuat cita rasa hidangan menjadi lebih lezat. Anda juga bisa menambagkan taburan kayu manis sesuai selera.

Baca juga: Sushi Pasar Tsukiji di Takumi Robata Jakarta

Campuran kue

Membuat kue, puding, atau kue kering dengan campuran nanas adalah pilihan klasik yang tidak pernah membosankan. Jika Anda berminat membuatnya dalam menu variatif, siapkan adonan dasarnya beserta irisan nanas yang berlapis mentega dan gula merah.

Salsa nanas

Rasa asam manis yang segar dari buah nanas akan menjadi campuran yang tepat untuk saus salsa. Campurkan potongan nanas mentah atau yang sudah dipanggang dengan bawang merah cincang, tomat, ketumbar, dan air jeruk nipis untuk diolah menjadi saus.

Hidangan canape

Nanas bisa dijadikan bagian dari hidangan canape khas Prancis yang sangat cocok sebagai jamuan pesta. Tusuk potongan nanas segar bersama buah lain dan keju cheddar balok dalam ukuran sekali suap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement