Selasa 13 Sep 2022 12:27 WIB

Alasan Buah Nanas Perlu Direndam Air Garam Sebelum Dimakan

Nanas termasuk buah tropis yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Buah nanas. Nanas perlu direndam dalam air garam sebelum dimakan.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Buah nanas. Nanas perlu direndam dalam air garam sebelum dimakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang menghindari makan nanas karena sensasi kesemutan yang biasanya dirasakan di lidah, bibir, maupun tenggorokan. Tapi, sebenarnya ada bahan sederhana yang akan membantu untuk menikmati buah tropis ini tanpa drama.

Nanas punya segudang manfaat, termasuk sarat dengan nutrisi, antioksidan penangkal penyakit. Nanas juga dikenal membantu mendukung pemulihan setelah berolahraga.

Baca Juga

Dr Lily Choi, ahli akupunktur berlisensi yang berbasis di New York, Amerika Serikat belum lama ini menjelaskan mengapa buah ini sangat layak dikonsumsi dan masuk daftar makanan harian. Menurut pengobatan tradisional China, nanas sangat bagus untuk sistem perut dan ginjal, serta membantu dengan energi dan menghilangkan rasa haus.

"Saya suka nanas karena mengandung banyak vitamin C dan B6 yang meningkatkan kesehatan, mangan, potasium, riboflavin, zat besi, dan banyak lagi," kata Dr Choi, seperti dikutip dari Indian Express, Selasa (13/9/2022).

 

Asam dari nanas disebabkan karena adanya "bromelain", enzim pencerna protein yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Pernah merasakan sensasi gatal di mulut saat makan nanas? Itu berasal dari enzim bromelain yang hidup dalam daging nanas dan memecah protein saat dikonsumsi.

Kandungan itu justru mengurangi peradangan dan pembengkakan. Ini digunakan untuk mengobati kondisi seperti sinusitis, nyeri pada otot, osteoartritis, dukungan pencernaan, penyembuhan luka, dan penurunan berat badan.

"Bromelain juga disebut bisa memperbaiki sel darah dan membantu mencarikan tekanan darah," kata Dr Choi.

Untuk menghindari sensasi gatal itu, menurut Dr Choi, garam bisa membantu menonaktifkan enzim bromelain. Bahkan, menambahkan sedikit garam dapat meningkatkan rasa manis buah sehingga membuatnya lebih lezat.

Berikut caranya:

* Potong nanas dan masukkan ke dalam 1-2 gelas air

* Tambahkan satu sendok makan garam laut

* Rendam selama sekitar satu menit dan nikmatilah!

Mengomentari cara ini, Dr Priyanka Rohatgi, kepala ahli gizi klinis, Apollo Hospitals Bangalore menyebutkan bahwa nanas mentah menyebabkan sensasi karena pemecahan asam amino dan kolagen di mulut dapat menyebabkan gatal dan iritasi. "Karenanya, merendam nanas dalam air, garam atau dimasak hingga 60 derajat Celsius bisa membantu," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement