Rabu 15 Mar 2023 16:28 WIB

Manfaat Nanas yang Menakjubkan untuk Tubuh, tak Semua Orang Tahu

Nanas memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tidak hanya untuk antioksidan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Nanas (ilustrasi). Manfaat menakjubkan nanas bagi kesehatan.
Foto: www.pixabay.com
Nanas (ilustrasi). Manfaat menakjubkan nanas bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nanas yang punya nama Latin Ananas comosus, menawarkan berbagai manfaat bagi tubuh. Buah tropis ini kaya nutrisi, bersifat antiinflamasi dan antioksidan, juga dapat meningkatkan pencernaan dan kekebalan tubuh.

Berikut deretan manfaat lain dari nanas yang mungkin belum Anda ketahui, dikutip dari laman DoctorNDTV, Rabu (15/3/2023):

Baca Juga

1. Baik untuk tulang

Nanas merupakan sumber mangan yang berlimpah. Kandungan mangan membantu membangun tulang dan menjaganya tetap sehat dan kuat. Ketika dikombinasikan dengan seng, tembaga, dan kalsium yang juga ada dalam nanas, nutrisi itu semakin sempurna untuk menguatkan tulang.

2. Memperbaiki pencernaan

Saat pencernaan terganggu atau terserang sakit perut, disarankan mengonsumsi buah nanas atau minum jus nanas untuk meredakannya. Serat makanan bernama bromelain serta kandungan vitamin C yang ditemukan dalam nanas membantu menyehatkan pencernaan.

3. Meningkatkan kesehatan mulut

Khasiat lain dari nanas adalah meningkatkan kesehatan mulut dan memperkuat gusi. Itu dimungkinkan oleh kandungan kalsium dan mangan dalam nanas, yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Membantu mengelola hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dikelola dengan makan nanas, sebab buah ini mengandung kalium tinggi dan punya kandungan natrium yang rendah. Tekanan darah pun tetap stabil dan membuat tubuh jadi rileks.

5. Mengurangi stres

Serotonin, pereda stres alami yang menjaga hormon dan saraf tetap tenang, ditemukan dalam nanas. Minum segelas jus nanas dapat membantu mengurangi stres. Tentunya, itu sangat bermanfaat karena stres bisa mengarah pada berbagai gangguan kesehatan.

6. Kaya antioksidan

Selain padat nutrisi, nanas juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif. Radikal bebas, bahan kimia tidak stabil yang menghancurkan sel dan merupakan sumber utama stres oksidatif, juga bertanggung jawab atas peradangan kronis, sistem kekebalan tubuh yang lemah, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

7. Mendukung kesehatan rambut

Nanas yang kaya vitamin C diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, juga membuatnya tampak lebih tebal dan halus. Kandungan antioksidannya yang cukup besar memiliki kekuatan untuk melindungi rambut dari berbagai penyakit.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement