Rabu 23 May 2018 00:05 WIB

Lagu Pengantar Tidur Bantu Bangun Kedekatan Ortu dan Anak

Tidak ada lagu pengantar tidur yang sempura, yang terpenting adalah momen kedekatan.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Bayi tidur  (ilustrasi)
Foto: Antara
Bayi tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lagu pengantar tidur ternyata bisa menjadi sarana menyampaikan cinta, bahasa, dan impian masa depan. Lagu pengantar tidur juga membantu bayi agar lebih cepat tertidur.

Para ahli mengungkapkan bernyanyi bisa menenangkan bayi dan orang tua. Selain itu menciptakan ritual tidur untuk menandai transisi dari kegiatan sehari-hari.

Pendidik musik, Anita Collins, mengungkapkan bayi dilahirkan dengan penglihatan yang relatif belum berkembang. Namun, bayi memiliki pendengaran yang sempurna.

Proses pendengaran atau indera pendengaran bayi, kata Collins, sebenarnya paling penting dimiliki selama dua tahun pertama kehidupan mereka. "Perasaan yang mengumpulkan informasi paling banyak tentang dunia mereka," ujar Collins, seperti yang dikutiip dari Channel News Asia.

Selanjutnya, ia mengatakan tidak ada lagu pengantar tidur yang sempurna. Yang terpenting adalah momen kedekatan seperti memegang anak, menatap wajah, mengayunkannya dalam gendongan, sehingga anak merasakan ritme dan gerakan.

Para peneliti telah melihat cara-cara bayi menanggapi nyanyian ibunya. Namun dalam penelitian dibuktikan bayi lebih cepat tidur jika mereka dinyanyikan dibanding ditinggalkan di boks bayi.

"Ini tentang memiliki hubungan yang mereka rasakan ketika seseorang bernyanyi untuk mereka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement