Selasa 22 May 2018 06:16 WIB

Sedapnya Perpaduan Ikan Bakar dan Kacang Kenari

Sebelumnya sangrai dulu kenari hingga kecokelatan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari
Ikan Bakar Bumbu Kenari, yang merupakan makanan khas Kota Ternate, Maluku Utara, dan memakai bahan dasar ikan kakap merah.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Ikan Bakar Bumbu Kenari, yang merupakan makanan khas Kota Ternate, Maluku Utara, dan memakai bahan dasar ikan kakap merah.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Teman membakar ikan memang tidak melulu kecap manis. Kacang kenari, ternyata dapat menjadi kawan yang tepat untuk membakar ikan yang bisa menciptakan cita rasa yang berbeda dari ikan-ikan bakar seperti biasanya.

Untuk membuat ikan bakar bumbu kenari, diperlukan bahan-bahan seperti 800 gram daging ikan kakap merah lengkap dengan kulitnya. Mengingat tekstur yang hampir sama, ikan kerapu dapat pula digunakan jika kakap merah sulit didapatkan.

Ada pula delapan sendok makan kenari, lima butir bawang merah, delapan cabai merah dan satu sendok teh terasi. Sebelum dicampurkan, terasi dapat terlebih dulu ditumis atau dibakar untuk mengeluarkan aroma khas yang tersimpan.

Selain itu, diperlukan satu sendok teh garam, satu sendok teh gula pasir, satu setengah lemon cina dan daun kemangi sebagai pemanis. Untuk lemon cina, jika sulit didapatkan, dapat memakai lemon biasa tapi ditambahkan sedikit gula.

"Soalnya lemon cina itu selain asam ada manis-manisnya," kata Chef Juna, saat memberikan demo masak Ikan Bakar Bumbu Kenari di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Untuk membuatnya, dapat dimulai dengan menyangrai kenari sampai kecokelatan. Sisihkan setelah kenari mencapai warna yang diinginkan. Selanjutnya, haluskan bawang merah, cabai dan terasi.

Tambahkan garam, gula pasir dan giling sampai halus. Setelah itu, tambahkan kenari ke penggilingan, giling sampai kenari benar-benar lumat. Tambahkan sedikit minyak jika proses penggilingan sulit mencapai kelembutan yang diinginkan.

Sebelum dibakar, marinasi sejenak ikan dengan bumbu yang sudah disiapkan tersebut. Walau membutuhkan waktu sebentar, ikan dapat diberikan sayatan-sayatan kecil agar bumbu lebih meresap ke ikan.

"Setelah itu, bakar sampai matang. Rasanya tentu dapat lebih ke luar kalau membakarnya di tempat terbuka dibandingkan di atas pan," ujar Juna saat menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat masakan khas Kota Ternate tersebut.

Aroma khas kenari dapat tercium sesaat memotong ikan bakar tersebut. Walau bumbu pedas begitu dominan, gurih ikan dari daging-daging putih pudar masih sangat terasa nikmati ketika di lidah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement