Senin 21 May 2018 16:11 WIB

Mau Langsing? Lepas Sepatu Anda Saat Masuk Rumah

Debu dalam sepatu yang terkontaminasi bahan kimia dinilai bisa menganggu hormon.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pria kegemukan (obesitas)
Foto: Reuters
Pria kegemukan (obesitas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memasuki rumah, sebaiknya Anda lepaskan sepatu. Ini bukan hanya masalah kesopanan, tapi juga demi kesehatan. Karena hasil temuan seorang ilmuwan menunjukkan bahwa melepaskan sepatu saat masuk kerumah bisa membuat Anda tetap langsing.

Hasil temuan mengatakan melepaskan sepatu dirumah bisa mencegah bahan kimia lingkungan terakumulasi di rumah. Menurut penelitian baru yang dipresentasikan di European Society of Endocrinology di Barcelona, Spanyol, ​​produk sehari-hari mengandung 'obesogens' yang mengganggu hormon dan membuat penumpukan lemak di tubuh.

Mereka menemukan bahwa makanan, debu rumah, dan produk sehari-hari seperti bahan kimia pembersih, peralatan dapur atau kosmetik adalah sumber terbesar kontaminan.

Para peneliti telah membuat tujuh rekomendasi untuk meminimalkan membangun obesogens di rumah. Termasuk di antaranya memilih makanan segar yang organik atau bebas pestisida di atas produk olahan, terutama yang berisi daftar panjang bahan di bagian belakang.

Mereka juga merekomendasikan untuk melepas sepatu ketika memasuki rumah untuk menghindari kontaminan di dalam ruangan, menyedot debu lebih sering untuk menghentikan bahan kimia yang terkumpul di dalam debu rumah dan membuang karpet di tempat kerja dan di rumah, menggantikannya dengan lantai kayu.

Pimpinan studi, Dr Ana Catarina Sousa mengatakan ini adalah langkah kecil untuk mencapai gaya hidup obesogen-gratis tapi awal yang sangat baik. Intinya, perhatikan diet Anda dan singkirkan debu di rumah.

"Orang dewasa mengonsumsi sekitar 50 mg debu setiap hari, dan anak-anak dua kali lebih banyak, jadi menjaga kebersihan rumah adalah ukuran yang sangat efektif. Dan gunakan kain lembab untuk mengotori perabotan Anda, daripada produk pembersih yang mungkin mengandung lebih banyak bahan kimia ini. "tutur Ana seperti dilansir dari laman Telegraph, Senin (23/5).

Studi sebelumnya menunjukkan bahan kimia yang ada dalam pestisida, plastik, pelapis pada peralatan dapur dan pakaian, dan pemanis buatan mengganggu hormon tubuh kita.

Namun para ahli Inggris mengatakan lebih banyak bukti diperlukan sebelum perubahan gaya hidup bisa direkomendasikan.

Prof Russell Viner, Presiden Royal College of Paediatrics and Child Health ( RCPCH ), mengatakan untuk beberapa alasan medis seperti perlindungan terhadap alergi, disarankan untuk menjaga rumah bebas debu dan demikian juga melepaskan sepatu untuk menghindari membawa dalam kotoran dari luar.

Tapi hal-hal ini tidak akan membuat berat badan Anda tetap stabil. ”Hanya sebuah diet seimbang dan olahraga teratur yang bisa melakukannya.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement