Senin 21 May 2018 15:00 WIB

4 Cara Mudah dan Cepat Singkirkan Lemak

Salah satunya adalah dengan mematikan TV.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)
Foto: ROLLINGOUT
Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang ingin mencapai berat badan ideal demi alasan kesehatan. Selain mengatur pola makan sehat dan berolahraga, ada sejumlah cara mudah dan cepat untuk meluruhkan lemak dari tubuh sebagai berikut.

Hindari minuman manis

Saat ini, setiap orang cenderung mengasup 300 kalori lebih banyak dibandingkan 30 tahun lalu. Setengah dari jumlah tersebut berasal dari minuman manis dalam kemasan seperti jus buah dan minuman bersoda.

Mulai sekarang, perhatikan apa yang Anda minum dan ganti minuman kemasan dengan air putih yang jauh lebih sehat. Mengurangi minuman manis terbukti bisa memotong sekitar 185 kalori.

Ganti taburan makanan

Bisa jadi menu yang diasup sehari-hari sudah sehat dengan kalori seimbang. Akan tetapi, banyak yang mengabaikan saus atau taburan yang ternyata menyimpan kalori tersembunyi dalam jumlah besar.

Mengurangi jumlah saus atau taburan pada makanan bisa memotong sekitar 150 kalori. Trik lain adalah dengan mengubah taburan berlemak dengan topping lain yang mengandung lebih sedikit lemak.

Matikan TV

Waktu berlebihan yang dihabiskan seseorang di depan televisi dapat menyebabkan nyeri pinggang. Tidak hanya itu, menonton televisi terus-menerus berpotensi menyebabkan penambahan berat badan signifikan.

Para peneliti dari Georgia State University menemukan bahwa orang-orang mengonsumsi 130 kalori lebih banyak ketika bermalas-malasan menonton TV. Jadi, mematikan TV atau membatasi waktu menonton bisa menekan asupan kalori Anda.

Makan dengan selektif

Selektif memilih makanan sehat bisa memangkas sekitar 107 kalori. Studi dalam Journal of Dietetic Association menemukan bahwa orang yang mengonsumsi salad atau sup sayur sebelum menu utama cenderung makan lebih sedikit, dikutip dari laman Daily Star.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement