Jumat 18 May 2018 19:19 WIB

Segar Berkuah Khas Makassar

Kuliner Makassar mengenal setidaknya tujuh macam makanan berkuah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sop lidah Makasar.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Sop lidah Makasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makassar memiliki banyak makanan khas. Salah satu makanan berkuah sebut saja coto Makassar. Ada pula sop lidah, konro, palu basa, sop ubi, soto batawi, palu mara dan lainnya.

Untuk coto, menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, biasanya menggunakan gerusan kacang tanah untuk kuahnya. Tapi ada pula yang menggunakan air beras yaitu coto putih. Rasanya, sama-sama enak dan gurih.

Ada pula sop lidah. Isinya selain lidah bisa juga memilih paru, hati, dan bagian lainnya. Sop ini rasanya nikmat apalagi jika dimakan di siang hari terik. Sop panas dengan sepiring nasi putih ditambah dengan sambal dan kerupuk. Hmmm... Rasanya sangat enak.

Tak lupa palu basa yang menggunakan kelapa parut yang dioseng dan berkuah hitam. Kuahnya menggunakan kaloa atau kluwek sehingga warnanya hitam. Isinya menurut Arie sama saja ada, daging dan jeroan. Sedangkan konro lain lagi, isinya iga.

photo
Penjual sop lidah Makassar, Sop Lidah Bulukunyi.

Arie mengungkapkan ada sekitar tujuh macam makanan berbahan daging dan jeroan yang populer di Makasaar. Yaitu sop, sop saudara, coto, konro, palu basa, palu kaloa, soto batawi, sop ubi dan lainnya.

"Isiannya dulu banyak jeroan karena memanfaatkan jeroan, daging malah jarang. Biasanya daging diolah untuk masakan lainnya yang lebih mewah. Sekarang orang banyak gunakan daging sebagai isian karena mau lebih sehat," ujarnya.

Arie mengatakan untuk mengatasi amis jeroan biasanya menggunakan banyak rempah. Selain itu rempah ini juga menambah cita rasa. Berbeda dengan palu mara, biasanya menu ini menggunakan ikan. Cita rasa kuahnya asam.

Orang Makassar, lanjutnya, lebih banyak menggunakan daging sapi bukan daging kambing. Daging yang digunakan pun daging lokal Makassar karena dinilai kualitasnya lebih baik dibanding daging lainnya. Kuliner Makassar juga gunakan ikan dan bebek. Satu lagi yang beda, makanan Makassar jarang menggunakan ayam untuk masakannya.

Untuk mengonsumsi makanan berkuah ini, biasanya orang Makassar memilih buras, ketupat atau nasi. Untuk coto biasanya dimakan dengan ketupat, sop biasanya menggunakan nasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement