Sabtu 12 May 2018 18:36 WIB

Reza Rahadian Belajar Atur Uang Sejak Kecil

Reza Rahadian kecil pernah mengelola gaji ibunya untuk pengeluaran sehari-hari.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aktor Reza Rahadian berpose saat melakukan kunjungan ke Kantor Berita Antara di gedung Wisma Antara, Jakarta, Kamis (1/2).
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Aktor Reza Rahadian berpose saat melakukan kunjungan ke Kantor Berita Antara di gedung Wisma Antara, Jakarta, Kamis (1/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Reza Rahardian mengaku mendapat pengalaman berharga dalam mengelola uang sejak masih kecil. Ia bercerita bagaimana pernah membantu mengelola gaji ibunya dulu, dari mengatur uang sehari-hari, seperti biaya transportasi, sampai belanja.

Manfaat mengatur uang itu ia rasakan sampai sekarang. Terutama di tengah godaan gaya hidup di Ibu Kota yang tinggi. "Kadang-kadang orang ngomong lifestyle di Jakarta mahal banget,'' kata aktor yang main dalam film Kartini tersebut dalam acara Youth X Public Figure di Jakarta, Sabtu (12/5).

Berkat pengalamannya saat masa kecil itu, Reza dewasa kemudian dapat mengatur pengeluaran tanpa berlebihan. Ia mencontohkan dengan uang Rp 50 ribu per hari, ia bisa membeli ayam setengah ekor seharga Rp 24 ribu, sayur sop di pasar Rp 6 ribu, cabai rawit Rp 4 ribu. 

Artinya, lanjut dia, dengan uang Rp 50 ribu dirinya bisa makan sehat mulai dari sayur, tempe, tahu, dan tak ketinggalan sambal. Itu hanya salah satu contoh pola pengeluaran yang bisa diterapkan agar tidak terlalu konsumtif.

''Supaya tidak terlalu konsumtif terhadap hal yang lain. Harus hati-hari banget mengelola uang, apalagi unfix income (pendapatan tidak stabil),'' kata pria kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement