Kamis 03 May 2018 17:00 WIB

Sabtu, Gofood Bagikan Berbagai Promo

Hari Kuliner Nasional Gofood diharapkan sanggup mempromosikan kuliner Indonesia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sate ayam, kuliner khas Indonesia
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Sate ayam, kuliner khas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gojek, penyedia layanan berbasis aplikasi di Indonesia, menunjukkan komitmennya mendukung usaha kuliner Nusantara supaya bisa bertumbuh dan memperluas pasarnya. Komitmen ini ditunjukkan dengan penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional Gofood pada Sabtu (5/5).

Kegiatan kuliner terbesar di Indonesia yang pertama kali dilakukan oleh Gojek tersebut akan diselenggarakan serentak di 11 kota di Indonesia. Serta diikuti oleh lebih dari 7.000 outlet Gofood dan rekan usaha Gopay.

Chief Commercial Expansion Gojek, Catherine Hindra S, mengatakan Gojek menyelenggarakan Hari Kuliner Nasional Gofood sebagai bentuk dukungan dan promosi supaya usaha kuliner Nusantara semakin dikenal. "Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh UMKM adalah terkait promosi usahanya. Melalui penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional Gofood, kami berharap usaha kuliner bisa semakin dikenal oleh masyarakat. Apalagi, bila melihat data, lebih dari 2.000 pengguna Gojek tinggal dalam radius 500 meter dari sebuah usaha kuliner yang menjadi mitra Gojek. Ini artinya, ada potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kuliner," ujar Catherine di sela konferensi pers di Jakarta, Rabu (2/5).

Catherine mengatakan usaha kuliner memiliki potensi untuk terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), pada tahun 2017, gerai UMKM yang bergabung dalam platform Gojek di 9 kota berkontribusi lebih dari Rp 1,7 triliun kepada perekonomian nasional. Selain itu, menilik data nasional, survei Badan Ekonomi Kreatif (2018) mengungkapkan pada tahun 2016 lalu usaha kuliner menyumbang lebih dari Rp 382 triliun kepada total produk domestik bruto sektor ekonomi kreatif. Angka tersebut naik Rp 30 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Hari Kuliner Nasional akan menawarkan berbagai promo menarik. Yaitu di layanan Gofood daring, promo di gerai mitra Gopay, serta promo di berbagai lokasi Gofood Festival. Promo mulai dari cashback, lucky voucher 55 di Gofood Festival hingga potongan maksimal Rp 20 ribu.

Dalam penyelengaraannya yang pertama ini, Hari Kuliner Nasional Gofood akan digelar serentak dari tanggal 5 hingga 13 Mei 2018 di Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Palembang, Cirebon, Yogyakarta, Medan, Semarang, Bali, Solo, dan Malang.

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, menambahkan penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional menegaskan kembali komitmen mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Dari 150 ribu gerai yang tergabung di Gofoof, lebih dari 80 persen di antaranya merupakan pengusaha kuliner dalam kategori pengusaha menengah dan kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement