Selasa 01 May 2018 04:51 WIB

Memilih Cokelat Hitam yang Baik

Pastikan kandungan cokelat mentah lebih besar dari kandungan lain.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Cokelat hitam
Foto: pixabay
Cokelat hitam

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Mengonsumsi cokelat jenis tertentu memiliki efek positif pada tingkat stres, suasana hati, peradangan, memori dan kekebalan tubuh. Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan Experimental Biology 2018 di San Diego, menunjukkan bahwa cokelat hitam dengan konsentrasi kakao yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Lee Berk dan rekan-rekannya dari Loma Linda University yang melakukan penelitian tersebut menemukan bahwa aktivitas gen yang dipengaruhi oleh cokelat meningkatkan sel-sel yang memerangi infeksi dan agen-agen anti-inflamasi. Mereka juga menemukan bahwa makanan ini dapat berdampak positif pada fungsi otak seperti kreativitas dan fungsi kognitif.

"Ini pertama kalinya kami melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran biasa pada manusia dalam jangka pendek atau panjang," kata Berk.

Berk dan rekannya merekomendasikan cokelat dengan konsentrasi kakao yang tinggi, dengan minimal 70 persen kakao."Semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan dan efek menguntungkan lainnya," tambah Berk seperti dikutip di laman Tech Times.

Namun, mengingat banyaknya jumlah dan variasi cokelat yang tersedia di pasar, ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan konsumen ketika membeli cokelat untuk memastikan mendapatkan cokelat yang sehat.

Bahan

Penggunaan bahan-bahan yang paling sedikit pada cokelat hitam merupakan hal yang baik. Beberapa bahan ditambahkan ke cokelat hitam untuk meningkatkan rasa, penampilan, dan umur simpan. Beberapa di antaranya tidak berbahaya sementara yang lain mungkin memiliki dampak negatif pada kualitas cokelat.

Gula biasanya ditambahkan ke cokelat hitam untuk menyeimbangkan rasa pahit. Untuk itu, pilihlah cokelat yang tidak memiliki gula pada daftar bahan mereka di daftar urutan yang pertama.

Cokelat dengan persentase kakao (cokelat mentah) lebih tinggi juga cenderung memiliki kandungan gula lebih rendah. Cokelat hitam berkualitas tinggi tidak perlu ditambahkan susu kecuali, lemak susu.

Label cokelat

Dutching merupakan metode pengolahan cokelat yang melibatkan alkali yaitu, mengubah warna cokelat dan mengurangi rasa pahit. Sebuah studi menunjukkan bahwa dutching dapat secara signifikan mengurangi jumlah antioksidan yang bermanfaat dalam coklat. Untuk itu, carilah kalimat seperti "cocoa diproses dengan alkali" ketika memeriksa label cokelat.

Cokelat organik

Pilihlah cokelat organik sehingga dapat mengurangi paparan pestisida yang digunakan untuk menyemprot kacang dan bahan kimia buatan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement