Senin 30 Apr 2018 07:25 WIB

Kelebihan Minyak Zaitun untuk Merawat Kecantikan

Ada tiga oksidan yang terkandung dalam minyak zaitun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Minyak zaitun
Foto: olimila
Minyak zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat menyempurnakan cita rasa pasta dan salad menjadi lebih lezat. Pelengkap lemari dapur ini menawarkan banyak khasiat lain, termasuk untuk perawatan kecantikan.

Jenis minyak ini bahkan telah digunakan menunjang kecantikan selama berabad-abad, salah satunya oleh Cleopatra yang legendaris. Berikut sederet kelebihan dari minyak zaitun, seperti dikutip dari laman Glamour Magazine.

- Kaya antioksidan

Ada tiga antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun, yaitu vitamin E, polifenol, dan pitosterol. Antioksidan sangat penting guna melawan radikal bebas dari agresor lingkungan seperti polusi dan sinar ultraviolet penyebab penuaan dini.

- Serbaguna

Minyak serbaguna ini bisa digunakan sebagai obat ideal di banyak area tubuh. Tidak hanya memperhalus kulit, minyak zaitun juga bisa menutrisi rambut, memulihkan tumit pecah-pecah, merawat kuku, dan masih banyak lagi.

- Aman dikombinasikan

Penyuka eksperimen bebas mencampur minyak zaitun dengan berbagai bahan lain dengan aman. Misalnya, membuat scrub dari gula dan minyak zaitun untuk mengangkat sel kulit mati, atau masker rambut berbahan pisang dan minyak zaitun.

- Tidak menyumbat pori

Sebagian orang rawan berjerawat saat merawat kulit menggunakan bahan tertentu. Jangan khawatir, minyak zaitun tidak bersifat komedogenik yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan komedo.

- Asupan perawatan

Merawat tubuh dengan minyak zaitun bisa dilakukan dengan cara menyantapnya. Ahli gizi Grace Barnes menyebutkan, minyak zaitun kaya lemak tak jenuh tunggal, fenol, polifenol, dan vitamin E yang bersifat protektif kardio dan antiperadangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement