Kamis 26 Apr 2018 17:16 WIB

Buku Bertanda Tangan Stephen Hawking Sebelum Lumpuh Dilelang

Hawking kehilangan kemampuannya menulis di tahun 1970-an.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Foto ilmuwan Stephen Hawking menjadi bagian dari karya seni pasir di India, untuk mengenang kepergian Hawking di usia 76 tahun pada 14 Maret 2018.
Foto: EPA
Foto ilmuwan Stephen Hawking menjadi bagian dari karya seni pasir di India, untuk mengenang kepergian Hawking di usia 76 tahun pada 14 Maret 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah buku yang ditandatangani Stephen Hawking pada tahun 1973 kini tengah dilelang. Buku tersebut menjadi istimewa karena ilmuwan Inggris itu membubuhkan tanda tangannya sebelum mengalami kelumpuhan karena penyakit Amytropic lateral sclerosis (ALS).

Dilansir dari laman Indy100, buku yang ditandatangani berjudul The Archaeology of the Industrial Revolution edisi pertama. Orang yang melelangnya adalah Nate D Sanders yang mendapatkan buku itu dari operator komputer yang pernah bekerja di Universitas Cambridge.

Nate Sanders mengklaim buku yang dilelangnya ditandatangani Hawking sebelum ilmuwan itu lumpuh dan tak mampu lagi menggerakkan tangannya untuk menulis. Penawaran yang diajukan Sanders dalam lelang mencapai 28 ribu dolar AS atau jika dirupiahkan sekitar Rp 370 juta.

Selain berisi tanda tangan Hawking, buku lelang itu juga dibubuhi tanda tangan oleh beberapa ilmuwan lain dari Institute of Theoretical Astronomy di Cambridge University. "Fisikawan Stephen Hawking kehilangan kemampuan menulisnya pada era 70-an. Kemudian pada tahun 1985 ia juga kehilangan kemampuan berbicara akibat penyakit degeneratif Amyotropic lateral sclerosis yang menyerang motor neuron," demikian penjelasan yang ditulis Sanders di situs lelang daring. Pelelangan akan ditutup pada Jumat (27/4).

Keterangan itu juga menyebut Hawking merupakan ilmuwan di Institute of Theoretical Astronomy Cambridge yang mengungkap teori lubang hitam dan mekanika kuantum. Pada 1973 dia menerbitkan buku penting pertamanya berjudul The Large Scale Structure of Space-Time dan dicetak ulang sampai berkali-kali. Pada 1975 ALS memaksa Hawking untuk menghabiskan hidup di kursi roda sampai akhir hayatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement