Kamis 19 Apr 2018 14:29 WIB

Saran Pakar Raih Manfaat dari Era Digital

Jadikan internet dan media sosial sebagai sarana mendapatkan keuntungan.

Rep: MGROL 103/ Red: Indira Rezkisari
Media sosial
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika teknologi sudah semakin maju dan penggunaan internet semakin meluas, ada banyak cara memanfaatkannya lebih dari sekadar penikmat teknologi. Selain dipergunakan untuk mendapatkan hiburan, bersosialisasi melalui beragam media, ataupun sekedar mencari informasi lainnya, anak muda pun dapat menggunakan internet sebagai sarana mengembangkan kreativitasnya.

Internet yang selalu dikaitkan dengan hal yang bersifat tanpa batas, tentu dapat dimanfaatkan untuk mempelajari segala sesuatu yang positif di mana pun, kapan pun dan dari siapa pun. Internet dapat dikatakan sebagai sekolah kedua untuk mendapatkan pengetahuan bahkan kemampuan.

“Bahas soal internet, sudah unlimited, kayak mau belajar lewat Google atau belajar dari kreator asing cara bikin video yang baik, atau jadi pewira usaha yang baik. Internet sudah seperti sekolah kedua,” jelas Ben Soebiaktor sebagai pengamat gaya hidup digital.

Anak muda yang tidak lepas dari internet dan penggunaan media sosial biasanya mengunggah foto pribadi atau cerita pribadi. Namun juga dapat menggunakannya sebagai tempat untuk mempromosikan hasil kreativitasnya, ataupun menjual suatu barang yang dibuat sendiri ataupun menjadi seller dari produk lain.

“Jadi pewira usaha digital itu simpel, kita bisa jual sesuatu lewat Facebook atau Instagram, atau sebagai seller dari toko-toko produk lain di Indonesia. Jadi tidak cuma konsumsi tapi juga bisa berkarya,” ujar Ben.

Ketika informasi mudah didapatkan tentu ide akan semakin banyak. Melalui media sosial peluang sebagai pencipta konten bisa dijajal.

“Bisa jadi content creator, akses dapat bikin sendiri, yang penting kreatif dan ada pesannya. Nanti lama kelamaan orang akan lihat dan mungkin bisa kerja sama dengan brand tertentu,” kata Ben.

Meskipun internet dapat dimanfaatkan secara positif namun perlu diperhatikan pula bahwa sebagai anak muda mungkin akan mudah terganggu dengan segala macam isi internet yang menarik tapi tanpa manfaat. “Harus bisa sortir, bukan cuma yang menghibur aja tapi juga yang bisa bikin belajar,” tambah Ben.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement