Kamis 19 Apr 2018 13:37 WIB

Teh Lebih Berpotensi Merusak Gigi dari Kopi

Semua jenis teh bisa mengubah warna gigi.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir teh.
Foto: Republika/Prayogi
Secangkir teh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh sudah menjadi minuman favorit penduduk Inggris sejak dulu. Saat ini, sekitar 165 juta cangkir teh sudah dinikmati penduduk Inggris setiap hari. Namun ternyata, kebiasaan minum teh berpotensi merusak gigi.

Dilansir melalui The Independent, sebelumnya kopi dianggap sebagai minuman perusak gigi. Peminum kopi cenderung akan mengalami perubahan warna gigi. Namun saat ini, teh diklaim memiliki efek lebih tinggi yang membuat gigi putih memudar.

Jordan Kirk, seorang ahli gigi dari White Glo, menjelaskan bahwa semua jenis teh bisa mengubah warna gigi. "Enamel gigi secara alami berpori dan bisa menyerap tannin di dalam teh," ujar Kirk. Penyerapan tersebut yang membuat perubahan warna dari gigi.

Teh memang mengandung senyawa yang diketahui dapat merusak gigi. Senyawa tersebut termasuk theaflavin, thearubigins, dan theabrownins.

Seluruh senyawa tersebut membuat efek gigi menguning lebih kuat. Meski demikian, antioksidan pada teh bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement