Rabu 18 Apr 2018 14:24 WIB

Lenny Kravitz Siap Rilis Album Baru Tahun Ini

Mulanya Lenny sempat jenuh bermusik setelah berkarier selama 30 tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari
Lenny Kravitz
Foto: EPA
Lenny Kravitz

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Sejak terakhir kali merilis album pada 2014, nama musisi asal Amerika Serikat, Lenny Kravitz, seolah tenggelam dan tidak terdengar lagi di dunia musik internasional. Terakhir, Lenny sempat melakukan serangkaian tur musik pada 2015 silam. Kini, musisi berusia 50 tahun itu pun siap untuk kembali dan berencana merilis album terbarunya, yang berjudul ''Raise Vibration''.

Rencananya, album studio ke-11 Lenny akan resmi dirilis pada September 2018. Kendati begitu, sebagai bagian dari promosi album terbarunya ini, Lenny akan menggelar tur dunia ''Raise Vibration'' sebelum album ini resmi diluncurkan. Dalam sebuah wawancara dengan majalah musik, Rolling Stone, Rabu (18/4), Lenny menuturkan ada sejumlah lagu baru yang dia siapkan untuk album terbarunya ini. Lagu-lagu tersebut antara lain berjudul ''Low'', ''Raise Vibration'', ''Here To Love'', dan ''Johnny Cash''.

Khusus untuk lagu ''Johnny Cash'', Lenny mengakui, lagu ini memang didedikasikan untuk musisi legendaris Amerika Serikat, Johnny Cash. ''Lagu ini sebenarnya tentang mimpi saya tentang Johnny Cash. Selain itu, lagu ini juga bercerita tentang pengalaman saya beberapa tahun lalu. Saat Anda mendengarnya, Anda akan mengerti. Lagu ini memiliki makna yang dalam buat saya,'' ujar Lenny.

Dalam pengerjaan album ini, Lenny akan dibantu oleh gitaris Craig Ross, yang sebelumnya memang sempat terlibat sejumlah proyek musik dengan Lenny. Sama seperti album-album sebelumnya, Lenny memainkan sebagian besar alat musik pada albumnya kali ini. Lenny pun menceritakan awal mula munculnya rencana untuk mengerjakan album baru.

Musisi yang sempat tampil di seri film The Hunger Games itu mengungkapkan, pada awalnya dia sempat merasa jenuh lantaran sudah 30 tahun bermain musik. Sejumlah rekan dan kolega sempat menawarkan Lenny untuk bekerjasama dengan musisi dan produser yang populer saat ini. Namun, Lenny menolak usulan tersebut. ''Cara saya bekerja tidak seperti itu, mengikuti tren dan melakukan apa yang orang lain harap Anda melakukannya. Saya selalu membuat musik, yang secara alami keluar dari diri saya sendiri,'' ujar pelantun lagu ''Again'' dan ''Fly Away'' tersebut.

Akhirnya, saat berada di kediamannya di Bahama, Lenny mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah lagu. Dari sini, semuanya berkembang buat Lenny, hingga akhirnya peraih empat Grammy Awards itu memutuskan untuk masuk ke studio dan membuat album baru. ''Saya sadar, inilah saatnya. Saya telah menunggu hal ini untuk waktu yang lama, dan begitu saya mulai, semuanya seperti terbuka dan mengalir. Saya bermimpi untuk membuat album baru lagi,'' kata Lenny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement