Sabtu 14 Apr 2018 21:30 WIB

Meningkatkan Literasi Lewat Aksi Baca di Kereta

Kereadta merupakan gerakan yang mengajak penumpang kereta untuk membaca buku.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
KeReadta. Ilustrasi
Foto: Youtube
KeReadta. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pegiat literasi yang tergabung dalam Taman Baca Inovator, Indoreadgram, dan Booktube Indonesia kembali mengadakan Kereadta 2018. Ia adalah gerakan membaca buku sekaligus ajakan untuk membaca di Kereta yang sebelumnya telah dilaksanakan di tahun 2017.

Kegiatan yang juga digelar dalam rangka menyambut Hari Buku Sedunia pada 23 April 2018, PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) menyatakan turut mendukung gerakan yang berlangsung pada Minggu, 22 April 2018. Gerakan dinilai demi meningkatkan literasi kepada masyarakat, terutama penumpang KRL.

"Dalam rangka menyambut hari buku sedunia, memang kita mendukung acara ini untuk meningkatkan minat baca, untuk meningkatkan literasi penumpang di dalam KRL," kata Humas PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) Rizki Nugraha Ramadhan kepada Republika.co.id, Sabtu (14/4), di Jakarta Pusat.

Melalui aksi ini, para relawan akan membaca selama di kereta, mulai dari Stasiun Jakarta Kota menuju Universitas Indonesia. Tak hanya sampai di situ, aksi ini juga akan berlanjut ke kelas-kelas insipirasi di antaranya, kelas literasi, kelas fiksi, kelas blog, kelas jurnalistik, dan kelas puisi.

Sementara itu, koordinator Taman Baca Indonesian Yessi Chandra mengatakan literasi bukan hanya soal membaca saja, tapi juga menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. "Literasi itu bukan hanya membaca, tetapi lebih kepada bagaimana apa yang dibaca itu juga dipaham, lalu dilaksanakan. Diterapkan ke dalam kehidupan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement