Jumat 13 Apr 2018 08:15 WIB

Dua Resep Mocktail yang Bikin Ketagihan Minum Jamu

Membuat variasi jamu sendiri ternyata tidak sulit.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Beragam jamu yang diolah jadi mocktail.
Foto: Republika/Christiyaningsih
Beragam jamu yang diolah jadi mocktail.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum jamu tak selamanya identik dengan membelinya di tukang jamu atau mbok jamu gendongan. Siapa kira ternyata kita bisa membuat jamu sendiri di rumah dengan cara yang sederhana. Cara mudah mengolah tanaman herbal menjadi jamu adalah dengan menyuguhkannya sebagai mocktail.

"Tampilan mocktail jamu lebih cantik daripada jamu konvensional sehingga orang menjadi lebih tertarik untuk mencicipi," kata pendiri kafe Suwe Ora Jamu, Nova Dewi. Melalui workshop membuat jamu yang digelarnya belum lama ini, Nova membagikan beberapa resep mocktail jamu yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Berikut dua resep di antaranya:

Energizing Antioxidant Potion

Bahan-bahan:

Air rebusan bunga rosella (300 cc)

Buah stroberi (3 buah)

Daun basil (5 lembar atau sesuai selera)

Es batu (secukupnya)

Potongan timun diiris tipis (sesuai selera)

Cara membuat:

Semua bahan kecuali timun diblender hingga halus. Bila ingin mendapatkan tampilan minuman yang lebih bening, stroberi dan daun basil dicacah, dicampur dengan es batu, lalu dikocok menggunakan shaker. Setelah tercampur, tuang ke dalam gelas. Masukkan potongan-potongan timun agar rasa mocktail lebih nikmat. Bagi pecinta minuman segar rasa asam, mocktail ini layak dicicipi.

Sweet Happy Yay Potion

Bahan-bahan:

Air rebusan kayu manis (300 cc)

Parutan kulit jeruk nipis (secukupnya)

Buah naga (secukupnya)

Es batu (secukupnya)

Cara membuat:

Blender semua bahan hingga halus. Bila tak suka diblender boleh dikocok menggunakan shaker. Setelah semua bahan tercampur, tuang ke dalam gelas. Dibandingkan dengan mocktail berbasis air rosella, mocktail berbasis air kayu manis ini punya rasa yang lebih 'bersahabat'. Mocktail berbahan dasar kayu manis dan buah naga menghadirkan rasa manis di lidah. Baunya pun tidak menyengat karena kayu manis punya aroma yang wangi.

Satu hal penting yang juga dibagikan Nova dalam membuat minuman dasarnya adalah takaran rosella dan kayu manis dengan air. Setiap satu kuntum rosella setara dengan 100 cc air. Sedangkan kayu manis sepanjang jari telunjuk membutuhkan 100 cc air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement