Selasa 10 Apr 2018 10:56 WIB

Indonesia Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Kuliner Global

Ragam kuliner tradisional memiliki daya tarik sangat tinggi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kue tradisional Indonesia ragamnya sangat banyak, salah satunya kue celorot Bali.
Foto: dok Republika
Kue tradisional Indonesia ragamnya sangat banyak, salah satunya kue celorot Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar menjadi destinasi wisata kuliner yang unggul di tingkat global. Pemerintah pun tancap gas mengejar potensi tersebut bisa terwujud.

Kuliner, khususnya kuliner tradisional, masuk dalam kelompok besar wisata budaya (culture) dengan porsi 60 persen karena daya tariknya sangat tinggi. Untuk mengembangkan wisata ini, Kemenpar telah membentuk Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja dalam rangka mendukung pencapaian target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara. Sekaligus target 270 juta pergerakan wisatawan Nusantara pada tahun ini.

"Angka itu ditargetkan akan meningkat menjadi 20 juta wisawatan mancanegara dan 275 juta wisatawan Nusantara tahun 2019 mendatang," ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, sebagai upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisman pada tahun ini Kemenpar bersama pelaku industri pariwisata telah meluncurkan program ViWI (Visit Wonderful Indonesia). Yaitu terdiri dari 'Hot Deals: More for Less', merupakan paket bundling tiket internasional dengan transportasi domestik.

Lanjut dengan 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia yang digelar dalam satu tahun penuh di seluruh Tanah Air. Serta Digital Destination yaitu produk berbasis pengalaman yang dibuat untuk melayani pasar yang aktif di media sosial.

Peluncuran Program ViWI 2018 yang melibatkan 18 stakeholders pariwisata, termasuk yang berkecimpung di wisata kuliner, dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisman khususnya yang menjadi fokus pasar. Antara lain targetnya turis Cina, India, dan Eropa. Gencar mempromosikan dan menawarkan paket-paket wisata yang menarik dan banyak digemari, di antaranya paket wisata kuliner dan belanja, kata Menpar Arief Yahya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement