Kamis 29 Mar 2018 20:04 WIB

Ikan Segar Jadi Solusi Hindari Ikan Kalengan Bercacing

Penyuka makarel bisa memilih ikan kembung yang masih satu keluarga.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Indira Rezkisari
Membeli ikan segar di pasar dipandang jauh lebih menyehatkan dari ikan kalengan.
Foto: dok Republika
Membeli ikan segar di pasar dipandang jauh lebih menyehatkan dari ikan kalengan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Temuan parasit cacing dalam ikan makarel kalengan bukan berarti masyarakat harus menghindari konsumsi ikan. Ahli nutrisi Tan Shot Yen memastikan ada cara mudah menghindari cacing dalam ikan.

Ia meminta masyarakat membeli dan memasak sendiri ikan segar. Menurutnya, memang belum ada penelitian apakah cacing yang mati ini jika tertelan manusia ada dampaknya. Sehingga penelitian lanjutan dibutuhkan terkait akumulasi berapa banyak protein cacing yang bisa menyebabkan kesehatan manusia terganggu.

"Namun, seperti yang berkali-kali saya jelaskan, alangkah baiknya mengonsumsi pangan sehat. Yaitu yang semakin dekat dengan kondisi aslinya sesegar mungkin," ujarnya, Kamis (29/3).

Ia menjelaskan, ikan makerel masih sekeluarga dengan ikan kembung. Jika bisa membeli ikan kembung segar di pasar, kata dia, masyarakat bisa membersihkannya dengan lebih cermat.

"Jadi mengapa beli yang kalengan? Justru ikan segar malah bisa kita masak dengan berbagai resep," katanya. Pilihannya pun beragam bisa diolah menjadi kari, pepes, atau dibakar dengan daun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement