Selasa 27 Mar 2018 10:14 WIB

De Tjolomadoe, Pabrik Gula yang Disulap Jadi Gedung Budaya

David Foster menjadi pembuka ajang budaya pertama di De Tjolomadoe.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Eks pabrik gula De Tjolomadoe di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kini diubah jadi gedung budaya.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Eks pabrik gula De Tjolomadoe di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kini diubah jadi gedung budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Mendengar kata pabrik gula, sekilas tak ada kaitannya dengan seni dan budaya. Namun, eks pabrik gula De Tjolomadoe di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, justru disulap jadi gedung budaya.

Destinasi wisata itu berjarak 3,7 kilometer dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Riwayat sejarahnya cukup panjang, karena Pabrik Gula Tjolomadoe (PG Tjolomadoe) awal didirikan pada 1861 oleh Mangkunegaran ke-IV.

Pada 1928, pabrik mengalami perluasan area dan perombakan arsitektur. Beberapa kali berganti kepemilikan dan berhenti beroperasi pada 1998, sejak 2017 lokasi kini direvitalisasi oleh konsorsium bersama sejumlah BUMN.

Kondisi lawas bangunan tetap dipertahankan sehingga destinasi ini sarat pesan sejarah. Saat Republika.co.id bertandang ke sana, tak sedikit tamu yang berfoto di dekat mesin-mesin besar eks pabrik gula di seantero gedung.

photo
Eks pabrik gula De Tjolomadoe di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, disulap jadi gedung budaya.

Mesin berlapis cat khusus untuk mencegah karat tersebut terletak di area yang dulunya merupakan stasiun gilingan dan stasiun penguapan. Sementara, stasiun masakan dialihfungsikan sebagai concert hall kelas dunia.

Bangunan seluas 1,3 hektare pada lahan 6,4 hektare itu dibuka untuk umum mulai 24 Maret 2018. Soft launching ditandai dengan konser "Hitman David Foster and Friends" pada Sabtu (24/3), sementara peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan berlangsung 29 Maret.

Pada pertunjukan tersebut, komposer dunia David Foster hadir menyuguhkan musik terbaik. Ia berkolaborasi dengan musisi Brian McKnight, Anggun C Sasmi, Yura Yunita, Dira Sugandi, Sandhy Sondoro, dan band IV of Spades.

photo
Eks pabrik gula De Tjolomadoe di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, disulap jadi gedung budaya.

"Warisan budaya ini menjadi bukti Indonesia pernah berjaya sebagai eksportir gula, kami mengumukan pembukaannya kembali dengan mengundang artis besar agar Tjolomadoe bisa bergaung di kancah internasional," ujar Tumiyana, Presiden Direktur PT PP (Persero) Tbk.

Ia menyampaikan, De Tjolomadoe bisa menjadi pusat budaya, penyelenggaraan konser, dan tempat dihelatnya berbagai acara. Ada ruangan konser dengan kapasitas 3.000 orang, lokasi MICE berkapasitas 1.000 orang, juga stan kuliner dan kerajinan tangan di area komersial.

Selama proses renovasi berlangsung, sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk memperkenalkan lokasi. Beberapa di antaranya "Pesta Siaga Pramuka", "Ramadhan Festive", "Zumba Bersama", serta "De Tjolomadoe Now - Lomba Sketsa, Fotografi, Batik Fashion Show, dan Panggung Musik".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement