Kamis 15 Mar 2018 21:16 WIB

Cara Unik Kedai Vietnam Kenang Kunjungan Obama

Dua tahun lalu Obama dengan santai menyantap pho bersama Anthony Bourdain di kedai.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari
Barack Obama
Foto: AP
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Sebuah restoran di Hanoi, Vietnam, punya cara unik untuk mengenang kunjungan Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, ke restoran tersebut. Tidak tanggung-tanggung, restoran yang bernama Bun cha Huang Lien itu menempatkan meja lengkap dengan alat makan yang pernah dipakai Obama ke dalam sebuah kotak kaca.

Restoran yang menyediakan berbagai jenis olahan mi berbahan beras atau pho itu memang pernah dikunjungi oleh Barrack Obama pada 2016 silam. Pada saat itu, Obama tampil dalam sebuah acara dokumenter berjudul ''Parts Unknown'' tentang kuliner, yang dipandu oleh chef terkenal asal Amerika Serikat, Anthony Bourdain.

Saat berada di restoran tersebut, sambil berbincang-bincang, Obama dan Bourdain terlihat tengah asyik menikmati olahan mi di atas sebuah meja kayu. Mereka duduk di antara para pengunjung restoran lain. Dalam kesempatan tersebut, total tagihan untuk makanan yang dipesan oleh Obama dan Bourdain hanya sekitar enam dolar AS.

Dua tahun berselang pascakunjungan Obama tersebut, ternyata masih banyak pengunjung restoran yang bertanya tentang meja yang digunakan Obama pada saat itu. Pemilik resotran, Nguyen Thi Hang Nga, akhirnya memilih untuk memasukkan meja tersebut ke dalam sebuah kotak kaca, yang diletakkan di salah satu sudut di restoran tersebut.

''Para pelanggan menyukai meja tersebut. Banyak dari mereka yang berpose dan mengambil foto di samping meja itu,'' ujar Nguyen, dikutip Strait Times, Kamis (15/3).

Tidak meja, semua perangkat makan yang digunakan Obama dan Bourdain pun dimasukkan ke dalam kotak kaca dan diatur sedemikian rupa di atas meja tersebut. Tentunya, semua perangkat makanan, mulai dari mangkuk, piring, sumpit, hingga gelas dan botol minuman, itu telah dicuci bersih, sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kotak kaca tersebut.

Anthony Bourdain lewat akun Instagramnya juga menggunggah foto kotak kaca yang berisi meja dan perangkat makan tersebut. ''Saya tidak yakin bagaimana harus bersikap soal ini,'' tulis Bourdain dalam bagian keterangan foto di akun Instagrammnya.

Menempatkan barang-barang yang pernah digunakan oleh tokoh terkenal di dalam kotak kaca memang menjadi hal yang jamak di Vietnam. Pun dengan barang-barang milik salah satu tokoh nasional Vietnam, Ho Chi Minh. Ini merupakan bentuk penghormatan terhadap tokoh tersebut. Namun, menurut BBC, ini merupakan pertama kalinya di Vietnam barang yang digunakan pemimpin dari negara lain diperlakukan begitu istimewa.

photo
Meja makan dan perangkat makan yang pernah digunakan Obama dan Bourdain dimasukkan kotak kaca agar dapat dilihat pengunjung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement