Selasa 13 Mar 2018 09:25 WIB

Riset Terbaru Sebut Olahraga dan Sauna Aman Bagi Ibu Hamil

Tidak ada ibu hamil yang suhu tubuhnya mencapai 39 derajat Celsius setelah sauna.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu hamil
Foto: corbis.com
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Temuan penelitian terbaru menentang pendapat ahli kesehatan sebelumnya yang menyebutkan ibu hamil tidak boleh melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan suhu tubuh mereka melebihi batas suhu inti tubuh, yaitu 39 derajat Celsius. Sekelompok ilmuwan mengevaluasi respons stres panas dan kapasitas suhu tubuh selama kehamilan membantah pendapatan tersebut, diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

baca juga: Bumil, Ini Cara Mengatasi Jerawat di Masa Kehamilan

Analisis ini dilakukan sebanyak 12 kali, fokus pada respons suhu tubuh inti terhadap paparan panas pada 347 ibu hamil. Paparan suhu panas ini baik dengan cara berolahraga atau bersauna.

photo
Infografis tips aman olah raga untuk ibu hamil.

Dilansir dari News Medical Life Science, Selasa (13/3), peneliti kemudian mengevaluasi tanggapan dari ibu hamil yang menjadi partisipan. Hasilnya menunjukkan tidak ada ibu hamil yang suhu tubuhnya melebihi 39 derajat Celsius setelah melakukan dua aktivitas di atas.

Suhu tertinggi dari partisipan yang dilaporkan adalah 38,9 derajat Celsius setelah berolahraga dan 38,3 derajat Celsius setelah bersauna. Rata-rata ibu hamil yang bersauna hanya meningkat suhu tubuhnya hingga 37,6 derajat Celsius, sementara mandi air hangat hanya 36,9 derajat Celsius.

Ibu hamil juga aman mengikuti aerobik akuatik atau aerobik di dalam kolam renang pada suhu 28,8-33,4 derajat Celsius selama 45 menit. Mereka juga diperkenankan bersauna hingga 45 menit atau berendam di dalam bak air hangat dengan panas 40 derajat Celsius selama 20 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement