Kamis 01 Mar 2018 15:40 WIB

Dolly Parton Sumbang 100 Juta Buku

Imagination Library mengirimkan lebih dari satu juta buku perbulan untuk anak-anak

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Dolly Parton
Foto: EW
Dolly Parton

REPUBLIKA.CO.ID,  LOS ANGELES -- Karier Dolly Parton tidak hanya berputar di sekitar dunia hiburan saja. Dia mencitakan langkah besar untuk hidupnya dengan menandai pemberian sumbangan buku sebanyak 100 juta.

Organisasi nirlaba Parton, Imagination Library, dimulai pada tahun 1995, menyumbangkan buku untuk anak-anak di negara bagian Parton di Tennessee. Saat ini, Imagination Library mengirimkan lebih dari satu juta buku perbulan untuk anak-anak di seluruh dunia.

Untuk menandai angka 100 juta buku yang disumbangkan melalui yayasannya, dia melakukan pembacaan buku di Library ofCongress. Dengan membacakan Coat of Many Colors, maka dimulai pula kerja sama organisasinya dengan Library of Congress untuk distribusi buku dan kegiatan.

Pemenang Piala Grammy ini mengaku, jika dorongan untuk mendistribusikan buku di seluruh dunia merupakan keputusannya untuk menghormati ayahnya. Parton menceritakan, jika ayahnya tidak bisa membaca dan menulis, dan dia tidak ingin ada orang yang bernasib sama di era saat ini.

"Jadi saya mendapat ide untuk memulai program ini dan membiarkan ayah saya membantu saya dengan itu dan dia harus tinggal cukup lama untuk mendengar anak-anak memanggil saya 'wanita buku'," ujar artis nominasi Oscar tersebut dikutip dari EW, Kamis(1/3).

Setelah menandai pendistribusian 100 juta buku, ternyata Parton tidak akan berhenti sampai di situ saja. Dia akan melakukan hal yang sama dengan semangat untuk menyebarkan lebih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement