Rabu 28 Feb 2018 08:47 WIB

Alasan Meghan Markle Suka Menyentuh Rambutnya

Kebiasaan Meghan bisa dilakukan sebagai cara untuk menenangkan diri.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Meghan Markle
Foto: EPA
Meghan Markle

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setiap orang memiliki kebiasaan yang terkadang disadari atau pun tidak. Meghan Markle pun memiliki kebiasaan yang sering kali tertangkap kamera, yaitu menyentuh rambutnya terus-menerus.

"Beberapa orang menyentuh rambut mereka, bermain dengan kuku jari tangan mereka, atau menggosok lengan mereka. Itu sebagai cara untuk menenangkan diri secara psikologis dan fisiologis saat mereka merasa cemas, tidak nyaman atau stres," kata ahli bahasa tubuh dan penulis Method of the Masters Blanca Cobb.

Calon istri Pangeran Harry itu tanpa sadar selalu menyentuh rambutnya dalam setiap kesempatan. Cara itu diduga untuk memberikan rasa nyaman dalam kondisi sesuatu.

"Beberapa orang mungkin menyentuh, memutar atau membelai rambut mereka saat berada dalam situasi sosial yang aneh seperti saat mereka tidak yakin harus berbuat apa atau apa yang harus dikatakan," kata Cobb dikutip dari Harpers Bazaar, Rabu (28/2).

Perilaku seperti itu adalah versi untuk orang dewasa yang tidak nyaman. Biasanya, jika terjadi pada anak kecil, maka yang dilakukan seperti mengepalkan boneka beruang atau mengisap empeng.

Meski seseorang selalu terlihat melakukan tindakan itu, Cobb menjelaskan, ada kemungkinan lain ketika orang melakukan hal tersebut beruang. Jika bukan karena tidak nyaman, maka itu bisa saja hanya sebuah kebiasaan yang tanpa disadari pelakunya.

Cobb mencontohkan, jika seseorang sering menyentuh rambut mereka dalam berbagai situasi yang tidak menimbulkan stres seperti berbicara di telepon, membaca buku, atau menonton TV, maka kemungkinanitu adalah kebiasaan yang bahkan tidak mereka sadari. Namun, jika mereka cenderung menyentuh rambut mereka saat mengalami diskusi hangat atau mereka merasa tidak nyaman dengan seseorang di sekitar mereka, maka kemungkinan itu bahasa tubuh tersembunyi.

"Dalam situasi ini, sentuhan rambut Meghan adalah isyarat yang menyejukkan. Kepalanya juga agak miring sedikit. Kadang kala ketika Anda merasa terlalu memperhatikan, Anda mungkin memasukkan dagu ke bawah sebagai cara untuk melindungi diri sendiri," kata Cobb.

Gaya tubuh tersebut, menurut Codd, sedikit menunjukkan tanda untuk kepercayaan diri. Cara Mantan bintang "Suits" memegangi rambutnya menunjukkan, dia sedang bermain-main dengan kamera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement