Kamis 15 Feb 2018 03:29 WIB

Makna Mimpi Orang yang Sama Berkali-kali

Ada kemungkinan menggambarkan tekanan atau kegelisahan tertentu yang kita alami.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Gita Amanda
Mimpi. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Mimpi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak diskusi yang membicarakan di balik makna mimpi. Sebagian besar yakin, mimpi mengungkapkan pikiran di alam bawah sadar seseorang, termasuk tentang ketakutan dan keinginan. Tapi, apa artinya jika kita bermimpi tentang orang yang sama secara teratur?

Psikolog Klinis , John Mayer, menjelaskan mimpi berulang tentang seseorang tidak sepatutnya terlalu dipikirkan sekalipun orang itu teman baik maupun musuh kita. Mimpi berulang adalah fenomena umum, di mana dua pertiga dari kita pasti mengalaminya. "Mimpi ini tidak berarti kita terobsesi dengan suatu individu," tuturnya, dilansir dari Net Doctor, Rabu (14/2).

Mayer mengatakan, konsep pemikiran manusia tidak jauh berbeda dengan komputer. Ketika memasuki mode sleep atau tidur, otak tidak langsung berhenti melainkan terus berputar. Kebanyakan orang mungkin berpikir otak manusia kosong ketika tidur, tapi sebenarnya tidak otak terus berjalan.

Ketika kita bermimpi tentang seseorang secara berulang, Mayer menjelaskan, ada kemungkinan menggambarkan tekanan atau kegelisahan tertentu yang kita alami. Misalnya, saat bermimpi tentang kolega yang sama, bukan berarti kita punya masalah dengan dia, melainkan situasi kerja umum yang harus dilewati.

Mayer menambahkan, mimpi biasanya tidak persis sama setiap saat. Tapi, tema berulang biasanya ada dalam kepala karena memang belum terselesaikan di kehidupan nyata. Jadi, kita perlu menyelesaikan konflik atau memecahkan masalah itu. "Begitu konflik dalam pikiran selesai, mimpi yang berulang itu harusnya berakhir," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement