Jumat 09 Feb 2018 17:06 WIB

7 Makanan Ini Ternyata Mengandung Kalsium

Di antaranya jeruk dan kangkung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya kalsium.
Foto: Darmawan/Republika
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya kalsium.

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Kalsium tidak hanya bisa didapatkan dari susu dan produk turunannya. Rhiannon Lambert, pakar nutrisi dari Klinik Harley Street, London, Inggris, menyebutkan tujuh makanan di luar produk susu yang juga mengandung kalsium tinggi sebagai berikut.

Jeruk

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa buah jeruk kaya akan kalsium. Satu butir jeruk mengandung 70 miligram kalsium, memenuhi enam persen kebutuhan kalsium harian dan asupan vitamin C yang sangat tinggi.

Buah ara

Selain mengandung serat dan antioksidan, buah ara juga mengandung banyak kalsium. Makan sekitar lima buah ara kering per hari dapat mengasup 135 miligram kalsium bagi tubuh.

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin A, vitamin K, serta mineral penting seperti magnesium, seng, dan fosfor. Sayuran lezat ini juga mengandung kalsium yang mudah diserap oleh tubuh.

Kacang almon

Kacang almon yang cocok dijadikan kudapan sehat termasuk makanan yang akan memenuhi kalsium dalam jumlah signifikan. Almon juga mengandung protein yang membuat tubuh berenergi dan kekebalannya meningkat.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung termasuk daftar makanan yang merupakan sumber kalsium. Rendah kalori dan bebas lemak, sayuran hijau adalah bagian penting yang harus ada dalam menu harian.

White bean

Satu porsi white bean mengandung sekitar 175 miligram kalsium. Makanan ini juga sangat sehat karena kaya protein, zat besi, dan serat yang sangat diperlukan tubuh, dikutip dari laman Net Doctor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement