Kamis 08 Feb 2018 14:09 WIB

Tips Dapatkan Hunian Sejak Muda

Tekad yang kuat menjadi modal utama untuk memiliki hunian.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap orang.
Foto: pixabay
Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BCA Expoversary membagikan trik mendapatkan hunian idaman sejak usia muda. BCA Expoversary digelar di ICE BSD, Tangerang, pada 9-11 Februari 2018.

Ketua Panitia BCA Expoversary, Petrus Karim, menjelaskan, memiliki hunian idaman merupakan dambaan setiap keluarga. Terlebih bagi pasangan muda yang baru saja menikah.

Ketakutan utama biasanya datang dari dana yang belum mencukupi untuk membayarkan uang muka atau down payment (DP). Namun dengan melakukan beberapa trik jitu, lanjutnya, memiliki hunian idaman bukan lagi impian.

Tips Membangun Rumah dengan Modal Irit

Menurutnya, rumah memang investasi yang besar dan memiliki harga yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. "Tanpa ada kemauan yang kuat untuk memiliki, impian tersebut bakal terus terkubur. Selanjutnya adalah bagaimana kita dan pasangan bisa memprioritaskan kebutuhan untuk dapat memiliki rumah," ujar dia, melalui siaran pers, Kamis (8/2).

photo
Memiliki rumah sendiri adalah idaman tiap orang.

Petrus memaparkan, ada lima trik jitu yang dapat dilakukan untuk memiliki hunian idaman. Pertama, terus update perkembangan dunia properti. Ramainya segmen properti di tengah masyarakat Indonesia saat ini mendorong para developer untuk semakin gencar dalam membangun dan merilis hunian baru sesuai kebutuhan masyarakat.

"Oleh sebab itu, masyarakat wajib mengantongi informasi sebanyak-banyaknya mengenai hunian baru untuk menjadi panduan tentang hunian apa yang cocok untuk ditempati sesuai dengan kebutuhan lokasi, finansial, dan lingkungan," kata dia.

Strategi kedua, analisis cash flow keuangan. Sebelum memutuskan untuk membeli hunian baru, perlu melakukan analisa keuangan. Hal itu dapat dilakukan dengan menghitung penghasilan total per bulan, lalu mengurangi dengan total pengeluaran rutin setiap bulan.

Trik selanjutnya, menggunakan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Membeli rumah memerlukan dana yang besar, namun tidak perlu khawatir karena bank sudah memiliki produk KPR.

Strategi keempat, disiplin menabung. Salah satu langkah yang paling mudah dilakukan adalah menabung uang dari sekarang. Jika masih berusia 20 hingga 30 tahunan, sekarang adalah waktu yang tepat dan efektif untuk menyisihkan uang saku atau uang gaji bulanan supaya bisa menabung untuk mencicil hunian impian.

"Segera membangun komitmen untuk diri sendiri bahwa kita harus bisa menyisihkan 20 persen hingga 40 persen dari uang gaji bulanan," ujarnya.

Selanjutnya,rajin mengikuti pameran properti untuk mencari informasi secara mendalam. Poin tersebut dianggap sebagai langkah paling penting karena di pameran properti terdapat informasi secara detail serta promo yang menguntungkan.

Tahun ini, BCA Expoversary digelar pada 9-11 Februari 2018 di ICE BSD, Tangerang. Acara tersebut menghadirkan enam developer antara lain Sinarmas Land , Ciputra, Alam Sutera, Summarecon, Jaya, dan Damai Putra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement