Selasa 06 Feb 2018 17:53 WIB

Tere Liye Mencari 8 Kampus atau Sekolah

Road show Tere Liye akan digelar dari Sumatra sampai Papua.

Rep: Syahruddin El-Fikri/ Red: Irwan Kelana
Penulis Darwis Tere Liye memberikan motivasi bagi generasi muda di NTB dalam Meet and Greet di Islamic Center NTB, Mataram, Ahad (18/6).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Penulis Darwis Tere Liye memberikan motivasi bagi generasi muda di NTB dalam Meet and Greet di Islamic Center NTB, Mataram, Ahad (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menandai come-back  untuk menerbitkan karya-karyanya, Tere Liye berencana melakukan road show ke sejumlah wilayah di Indonesia, mulai dari Papua hingga Sumatra. Ada delapan sekolah atau kampus di wilayah Indonesia yang akan disambangi.

Road-show ini akan melibatkan dua penerbit, yakni Republika dan Gramedia. “Tere Liye bersama "Republika Penerbit "dan "Gramedia Pustaka Utama" akan menyelenggarakan delapan workshop kepenulisan secara gratis untuk pelajar SMP, SMA dan mahasiswa. Kami membutuhkan delapan sekolah sebagai partner pelaksanaan acara ini,” tulis Tere di Fanpage Facebook Tere Liye, Senin (5/2).

Apakah sekolah, kampus, atau daerah kalian yang akan disambangi Tere Liye? Cek syarat atau ketentuannya berikut ini.

Pertama, acara ini akan diselenggarakan periode Februari hingga Desember 2018. Kedua, akan dipilih delapan sekolah/kampus sebagai tempat workshop kepenulisan, dengan narasumber Tere Liye. Ketiga, sekolah-sekolah dan atau kampus yang berminat mengajukan diri sebagai tempat workshop kepenulisan harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Ada pun kriterianya adalah sebagai berikut:

a. Sekolah SMP/SMA/Kampus yang memiliki ruangan dengan kapasitas minimal 200 peserta di sekolah/kampusnya. Dan atau bisa menyiapkan ruangan tersebut bekerja sama dengan pihak lain (Pemda, misalnya).

b. Bersedia menjadi panitia lokal yang menangani pendaftaran peserta, membuat media publikasi, menyiapkan ruangan, serta hal-hal terkait pelaksanaan workshop di lokasi.

c. Sekolah/kampus berlokasi di luar pulau Jawa memiliki kesempatan lebih besar untuk terpilih, mengingat program ini untuk memberikan akses yang lebih merata bagi calon penulis di seluruh Indonesia.

d. Sekolah/kampus yang berada di kota kabupaten juga memiliki kesempatan lebih besar untuk terpilih.

Keempat, seluruh biaya perjalanan narasumber, akomodasi, dan biaya lainnya terkait narasumber akan ditanggung oleh penerbit. Sekolah atau kampus tidak mengeluarkan biaya apapun.

Kelima, acara workshop bersifat free/gratis, peserta workshop juga tidak dipungut biaya. Keenam, acara workshop bersifat terbuka untuk murid-murid sekolah dan mahasiswa lain, dan

Ketujuh, acara ini khusus workshop kepenulisan Tere Liye, tidak bisa ditempelkan dengan acara sekolah/kampus, festival, seminar, dies natalis, dan atau program sekolah/kampus lainnya.

Prosedur pengajuannya sebagai berikut:

 

1. Kirimkan surat resmi pengajuan/kesanggupan menjadi lokasi workshop dengan kop sekolah/kampus, yang diketahui oleh Kepala Sekolah dan atau Pembantu Dekan / Pembantu Rektor.

2. Pihak yang mengirimkan bisa diwakili oleh lembaga OSIS, organisasi ekstrakurikuler, BEM, dan atau lembaga kampus lainnya. Pihak sekolah dan atau Pihak Jurusan / Fakultas / Universitas juga bisa mengirimkan surat secara langsung.

 

3. Surat memuat informasi lokasi acara, serta rencana tanggal pelaksanaan yang dipilih secara bebas oleh sekolah/kampus (sepanjang dalam periode Februari - Desember 2018).

4. Scan/foto surat resmi tersebut dikirimkan ke: [email protected].

5. Kami akan menghubungi sekolah/kampus yang telah mengirimkan surat untuk proses berikutnya.

6. Pastikan selalu rajin memeriksa email yang digunakan, karena semua korepondensi awal akan menggunakan email.

“Program ini diselenggarakan untuk melahirkan penulis-penulis berikutnya di seluruh Indonesia. Program ini memberikan kesempatan kepada murid SMP, SMA dan Mahasiswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama,” ujar Tere.

 

n Syahruddin el-fikri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement