Ahad 28 Jan 2018 12:04 WIB

Makan Sarden Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Suplemen kalsium belum terbukti secara meyakinkan menurunkan tekanan darah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi
Foto: Blogspot
Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi, atau hipertensi mempengaruhi lebih dari satu dari empat orang dewasa di Inggris, menurut NHS. Mengonsumsi sarden menjadi salah satu solusi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari laman Express, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikannya, dan secara alami menurunkan tekanan darah. Olahraga teratur, mengurangi asupan sodium hanyalah beberapa hal yang telah ditemukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bersamaan dengan itu, para ilmuwan menyarankan makan sarden juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sebagai bagian dari temuan dalam penelitian 'Modulasi kalsium hipertensi dan obesitas: mekanisme dan implikasi' dan 'Kalsium dan tekanan darah', orang dengan asupan kalsium rendah sering memiliki tekanan darah tinggi.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hipertensi

Suplemen kalsium belum terbukti secara meyakinkan menurunkan tekanan darah, namun makanan kaya kalsium terkait dengan tingkat kesehatan. Bagi kebanyakan orang dewasa, rekomendasi kalsium adalah 1.000 mg per hari, dan untuk wanita berusia di atas 50 dan pria berusia di atas 70 tahun ini 1.200mg per hari.

Susu penuh dengan kalsium, tapi Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari sayuran collard dan sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu dan sarden lainnya. Sarden yang dikandung dalam minyak mengandung sekitar 382mg kalsium.

Saat pembacaan tekanan darah diambil, dua angka dihasilkan tekanan sistolik (angka yang lebih tinggi) yang mengindikasikan kekuatan di mana jantung memompa darah ke seluruh tubuh, dan tekanan diastolik (angka yang lebih rendah) yang mencatat resistensi terhadap aliran darah di pembuluh darah.

Tekanan darah terlalu tinggi saat berada di 140/90mmHg atau lebih tinggi. Penyakit jantung, serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal hanyalah beberapa dari kondisi yang berpotensi mengancam jiwa akibat hipertensi.

Selain itu, lagu yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan tekanan darah rendah, menurut periset di University of Florence di Italia. Sebagai bagian dari penelitian, mereka meminta 28 orang dewasa yang sudah minum obat hipertensi untuk mendengarkan musik klasik, Celtic, atau Indian yang menenangkan selama 30 menit sehari, sambil bernafas perlahan.

Setelah sepekan, pendengar telah menurunkan sistolik rata-rata mereka (tekanan tertinggi saat jantung Anda berdetak) sebesar 3,2 poin. Sebulan kemudian, turun menjadi 4,4 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement