Sabtu 27 Jan 2018 11:35 WIB

Film Animasi tentang Muazin Bilal Tayang di AS Awal Februari

Film Bilal tidak terlalu menyorot aspek religius.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Film Animasi Bilal
Foto: Youtube
Film Animasi Bilal

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Film Bilal: A New Breed of Hero akan tayang di Amerika Serikat pada 2 Februari 2018. Film animasi tiga dimensi itu berkisah tentang kehidupan Bilal bin Rabah Al-Habasyi, muazin pertama dalam Islam.

Film tersebut rampung diproduksi pada 2015, dengan arahan dari sutradara Khurram H Alavi dan Ayman Jamal. Penayangan perdananya berlangsung di Festival Film Internasional Dubai ke-12 pada 9 Desember 2015.

Sejak 9 September 2016, Bilal: A New Breed of Hero telah ditayangkan di Timur Tengah, Afrika Utara, dan sejumlah negara lain. Kehadirannya di AS merupakan hasil kerja sama dengan distributor film Vertical Entertainment.

photo
Film animasi Bilal

Kisah muazin bersuara merdu ini dimulai pada 1.400 tahun lalu, ketika Bilal kecil masih berusia tujuh tahun. Bocah lelaki asal Ethiopia, Afrika Timur, yang bermimpi menjadi seorang petarung itu diculik dan terjebak dalam perbudakan.

Bilal belajar banyak hal di tengah dunia yang penuh ketidakadilan. Salah satu sahabat Rasulullah itu memupuk keberanian untuk memperjuangkan apa yang menurutnya benar dan tumbuh menjadi pria yang menginspirasi dunia.

Dikutip dari laman Cartoon Brew, film untuk 13 tahun ke atas ini tidak terlalu menyorot aspek religius untuk menjaring penonton di luar Timur Tengah. Bagaimanapun, film tetap menyabet sejumlah penghargaan di berbagai ajang.

photo
Adegan dalam film animasi, Bilal

Bilal memenangkan kategori film paling menginspirasi dalam Animation Day Festival Film Cannes. Penghargaan lain yaitu film paling inovatif dalam BroadCast Pro Middle East Award dan dinominasikan sebagai film animasi terbaik pada Asia Pacific Screen Awards.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement