Kamis 25 Jan 2018 17:39 WIB

Aktris Olivia Cole Meninggal Dunia

Nama Cole diperhitungkan sejak memenangkan Emmy Awards di 1977.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Olivia Cole
Foto: ist
Olivia Cole

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Olivia Cole meninggal dunia beberapa hari lalu. Namun keterangan kepergian Cole baru diberikan pihak manajemen, Rabu (24/1), melalui agen Susie Schwarz.

Laman People melaporkan, Cole meninggal dengan tenang di kediamannya di San Miguel de Allendre, Meksiko. Cole sudah tinggal di rumah tersebut selama kurang lebih 30 tahun.

Nama Cole mulai diperhitungkan di dunia Hollywood sejak mendapatkan Emmy Awards 1977 dalam mini seri Roots. Aktris kulit hitam tersebut memerankan Mathilda, yakni istri dari Ben Vereen's Chicken George, serta ibu dari Georg Stanford Brown Tom. Roots merupakan mini seri di kanal ABC yang diadaptasi dari novel fenomenal karya Alex Haley dengan judul yang sama.

Cole berhasil menyabet Emmy Awards melalui perannya tersebut untuk kategori Outstanding Single Performance by Supporting Actress in Comedy or Drama Series. Roots juga menjadi mini seri laris pada masa itu, dan berhasil menyedot perhatian hingga 140 juta penonton. Berhasil meraih Emmy, Cole juga masuk sebagai nominasi untuk mini seri Backstairs at the White House pada 1979.

Tokoh yang diperankan Cole juga cukup menyentak memori dalam mini seri tersebut. Ia memerankan Maggie Rogers, yakni asisten rumah tangga yang menghabiskan hidupnya untuk para Presiden Amerika Serikat.

Tidak heran bila ia kemudian dinobatkan sebagai aktris kulit hitam terbaik di Hollywood. Pada 1989, Cole bermain bersama Oprah Winfrey dalam serial The Women of Brewster Place.

Cole lahir di Memphis, Tennessee, namun ia dibesarkan di New York ketika keluarganya harus pindah ke kota tersebut. Ia kemudian mengambil studi di Royal Academic of Dramatic Art di London, Inggris.

Cole memulai debutnya di panggung Broadway dengan tampil pada The School for Scandal. Sejak saat itu, ia sudah tampil di dalam 30 judul film dan serial televisi selama masa kariernya. Selamat Jalan, Cole.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement