Senin 15 Jan 2018 07:13 WIB

Istana Larang Meghan Markle Kenakan Tiara

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Meghan Markle
Foto: EPA
Meghan Markle

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dalam banyak kesempatan, kita banyak melihat wanita mengenakan tiara seperti di kontes kecantikan atau bila seseorang berstatus sebagai putri kerajaan. Di kerajaan Inggris, tiara punya makna mendalam sehingga tak sembarang wanita berhak menyematkannya di atas kepala.

Meghan Markle yang notabene tunangan Pangeran Harry pun belum diizinkan memakai tiara. Pelarangan tersebut dilandasi oleh aturan etika istana.

Hal ini berbeda dengan calon kakak iparnya, Kate Middleton, yang pernah dua kali nampak menggunakan tiara. Kate mengenakan tiara favorit Putri Diana sebagai bentuk penghargaan kepada mendiang ibu mertuanya. Di hari pernikahannya dengan Pangeran William, Kate juga terlihat cantik dengan tiara.

Dilansir dari laman Marie Claire, seorang wanita baru diperbolehkan mengenakan perhiasan milik istana apabila sudah resmi menjadi anggota keluarga kerajaan. Jika sebelum janji pernikahan diucapkan Meghan Markle mengenakan tiara, maka itu adalah aksesoris biasa dan bukan kepunyaan istana.

"Berlian yang berkilau serta tiara tidak dikenakan sepanjang hari dan hanya wanita yang sudah menikah yang memakai tiara," kata pakar etika Grant Harold kepada BBC. "Bagi wanita, tiara melambangkan statusnya yang sudah menikah dan tidak sedang mencari suami," imbuhnya.

Akan tetapi beberapa waktu lalu sempat beredar foto Markle sedang mengenakan tiara. Menurut konfirmasi itu bukanlah tiara milik istana. Tiara tersebut hanyalah properti pada acara reuni yang dihadiri bintang serial Suits tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement