Senin 08 Jan 2018 18:41 WIB

Apakah Aman Makanan yang Terkena Freezer Burn?

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Daging beku
Foto: pixabay
Daging beku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang terlalu sibuk dalam hidupnya sering memanfaatkan freezer atau pendingin sebagai penyelamat ketika harus menyiapkan makanan. Tapi pernahkah Anda menyadari adanya lapisan es yang menyelimuti makanan ketika terlalu lama disimpan dalam freezer? Apakah hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada makanan.

Yang dimaksud dengan freezer burn ialah kondisi di mana makanan yang Anda simpan mengering akibat terlalu lama disimpan. Kristal es yang Anda lihat di bungkus makanan beku adalah kelembaban yang terlepas dari makanan dan berubah menjadi es di bagian luar.

Itu terjadi karena satu dari dua alasan. Pertama, Anda sama sekali tidak menyimpan makanan Anda dengan baik, atau makanan Anda masuk dalam lemari pendingin untuk waktu yang lama.

Apakah itu aman? Dilansir dari Reader's Digest, Anda tidak perlu membuang makanan yang terkena freezer burn. Karena sebenarnya makanan tersebut masih dalam kondisi baik dan aman untuk dikonsumsi. Anda mungkin tidak menikmati rasa atau tekstur kering dari Anda piza karena beku, namun hal tersebut tidak berdampak pada kualitas makanan Anda.

Meskipun aman dikonsumsi, lapisan kristal es yang berkerak memang tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus memastikan dan menyimpan semua makanan dengan benar. Dengan menyegelnya dalam wadah kedap udara atau membungkusnya erat dengan bungkus plastik. Setiap udara yang masuk akan mempercepat freezer burn.

Anda juga harus memastikan freezer Anda tidak terlalu dingin atau terlalu penuh dengan bahan makanan. Biarkan ada ruang udara, dan simpan suhu sekitar nol. Jika Anda berencana untuk menghabiskan sisa makanan beku atau kaserol yang baru dipanggang, pastikan Anda membiarkannya dingin sepenuhnya sebelum meletakkannya di dalam freezer. Menaruhnya saat masih hangat akan menyebabkan uap dan kondensasi terbentuk pada makanan Anda. Di mana sesegera mungkin makanan Anda akan mengalami freezer burn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement