Senin 08 Jan 2018 16:19 WIB

Pasukan Biru, Penjaga Kebersihan Pantai Ancol

Pasukan Biru, penjaga kebersihan pantai Ancol.
Foto: ancol
Pasukan Biru, penjaga kebersihan pantai Ancol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu destinasi wisata favorit warga Jakarta adalah pantai Ancol. Taman Impian Jaya Ancol sebagai destinasi wisata pantai di Jakarta menjadi tempat wisata yang kerap dipilih masyarakat untuk menghabiskan liburan. Menggelar tikar dan menyajikan makanan yang telah disiapkan dari rumah adalah khas wisatawan yang datang ke pantai.

Melihat tradisi tersebut, maka Manajemen Ancol terus melakukan penataan pantai agar dapat nyaman dinikmati pengunjung. Tidak hanya menyediakan hamparan pasir putih yang halus, aneka aktivitas pantaipun dihadirkan. Beach fun dance, yoga on the beach adalah aktivitas yang diberikan dan mengundang keterlibatan pengunjung.

Selain fasilitas dan aktivitas yang diberikan secara cuma-cuma, ada tim yang senantiasa menjaga kebersihan area wisata. Tidak hanya menghadirkan taman yang asri, kebersihanpun tetap dijaga dengan baik. Merekalah ratusan personil yang terlibat sebagai petugas kebersihan. Keberadaannya kadang tak terhiraukan tetapi merekalah yang paling berjasa agar kualitas taman dan pantai Ancol senantiasa bersih dan indah.

Jika di Pemprov DKI Jakarta ada Pasukan Orange, maka di Ancol terdapat Pasukan Biru. Merekalah yang senantiasa menjaga kebersihan taman wisata Ancol. Bertugas dengan sistem shift, Pasukan Biru senantiasa hadir ditengah pengunjung. Menyapu, mengangkat sampah serta memastikan area taman dan pantai Ancol terjaga kebersihannya. Dalam menjalankan tugasnya personil ini senantiasa diberikan arahan agar bertindak sebagai petugas yang bertanggung jawab. Maka proses pengarahan (briefing) senantiasa dilaksanakan sblm bertugas.

"Pasukan Biru merupakan salah satu komitmen Manajemen Ancol untu tetap menjaga kualitas taman dan pantai yang dapat dinikmati seluruh wisatawan," ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.

Dengan hadirnya Pasukan Biru, pengunjung dapat menikmati taman dan pantai yang asri dan nyaman. Namun demikian tetap menghimbau agar seluruh pengunjung Ancol untuk ikut menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. Pantai bersih, rekreasi nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement