Ahad 31 Dec 2017 12:33 WIB

Berwisata di Kota Air Venesia yang Eksotik di Akhir Tahun

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Wisata eksotik ala Venesia (Little Venice) di Kota Bunga, di Puncak, Cianjur, Jawa Barat.
Foto: Republika/Muhyiddin
Wisata eksotik ala Venesia (Little Venice) di Kota Bunga, di Puncak, Cianjur, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kita semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemadangan kota di atas air yang terkenal di negara Italia, yaitu Kota Venesia. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota yang mempunyai pemandangan romantis di Eropa.

Namun, wisatawan Indonesia tak perlu bingung berwisata jauh-jauh ke sana karena di Indonesia juga sendiri terdapat wisata eksotik ala Venesia yang letaknya di dalam sebuah komplek vila mewah yang bernama Kota Bunga, di Puncak, Cianjur, Jawa Barat.

 

Republika/Muhyiddin

 

Di penghujung 2017, Republika.co.id mencoba menelusuri salah satu tempat wisata yang diberi nama Little Venice ini, Sabtu (30/12). Begitu sampai di lokasi, kita akan langsung disuguhi dengan bangunan arsitektur kota Venesia yang berwarna-warni, seperti warna merah muda, biru, cokelat, dan putih.

 

Untuk masuk ke Little Venice, pengunjung akan dikenakan tiket Rp 25 ribu per orang. Tiket berwarna biru tersebut lalu akan dipasangkan ke pergelangan tangan para pengunjung. Namun, untuk menikmati berbagai macam wahana di dalamnya pengunjung harus membayar tiket lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu wahana yang paling diminati di dalam Little Venice ini adalah perahu gondola, yaitu perahu unik khas Kota Venesia. Untuk menaiki perahu ini, pengunjung membayar tiket lagi Rp 20 ribu serta membeli kartu fun world seharga Rp 2.000.

 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pengunjung yang akan menaiki perahu gondola ini tampak mengantre panjang. Salah satu pengunjung, Hidayah (27 tahun) bersama pasangannya harus menunggu sekitar satu jam untuk menaiki perahu ini.

 

"Sudah satu jam nunggu ngantre ini karena sempat hujan juga tadi. Jadi , gondolonya tidak berangkat kalau hujan. Tapi untung hujannya reda," ujar wisatawan asal Bojong, Kabupaten Bogor ini, Sabtu (30/12).

 

Dengan menaiki perahu gondola ini, kita akan diajak mengelilingi kanal-kanal atau jalur air buatan di antara bangunan dan gedung Little Venice. Pengunjung akan diajak berkeliling di antara gedung berwarna-warni itu kurang lebih 15 menit dan bisa melakukan swafoto sepuasnya.

 

Sementara, pengunjung lainnya Lailatul (24), mengaku senang berwisata ala Eropa ini karena bisa melakukan swafoto seakan-akan berada di Italia sungguhan. Namun, menurut dia, air danau wisata Little Venice terlihat keruh, sehingga saat melakukan swafoto kurang begitu memuaskan.

 

"Sayang airnya keruh, coba kalau jernih bisa selfie lebih keren," ucapnya.

 

Perahu gondola ini bisa memuat maksimal empat orang ditambah dengan seorang pendayung yang mengenakan kaos belang merah putih. Salah seorang pendayung, Mawan (30) mengatakan, Little Venice sudah dibangun sejak 2001. Menurut dia, Little Venice banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Republika/Muhyiddin

 

"Kalau hari biasa agak sepi di sini, ramainya setiap akhir pekan aja, makanya ngantre panjang," kata Mawan yang bekerja sebagai pendayung perahu gondola sejak 2015 lalu.

 

Untuk menuju lokasi wisata Little Venice ini sebenarnya sangatlah mudah untuk ditempuh jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan petunjuk jalan GPS. Jika pun tidak menggunakan GPS, Anda hanya perlu melewati jalur dari Jakarta menuju Puncak, Bogor.

 

Setelah sampai di Masjid Atta'awun, terus lurus hingga bertemu dengan plang Taman Bunga Nusantara, Kemudian langsung belok kiri. Setelah tiga kilometer perjalanan, nanti akan bertemu dengan gerbang masuk Kota Bunga di sebalah kiri jalan. Di dalam Kota Bunga inilah Anda bisa menemukan Little Venice.

 

Selamat liburan!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement