Kamis 28 Dec 2017 12:30 WIB

Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Siapkan Kesenian Daerah

Suasana Candi Prambanan yang ada di Dusun Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, Kamis (27/12).
Foto: republika/wahyu suryana
Suasana Candi Prambanan yang ada di Dusun Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, Kamis (27/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menghadirkan sajian istimewa memasuki akhir tahun. Beragam kesenian berbagai daerah dihadirkan demi menemani wisawatan menghabiskan akhir tahun 2017 dan menjelang tahun baru 2018.

Dari Candi Prambanan ada kesenian jathilan Kabondalem Lor, Krebet dan Pondok di Lapangan Sentono. Maaih di Lapangan Sentono, ada pula musik dari Jonggrang Laras, Keroncong, Komeni Plus, Pring Sedapur.
 
Selain itu, ada cokekan di museum, badut-badut di depan taman anak-anak, depot jamu Jawa di sebelah barat museum dan prajurit-prajurit Jawa yang tersebar. Hiburan seperti biasa masih dapat dinikmati seperti kereta taman, sepeda wisata, mobil golf dan jemparingan.
 
Untuk Candi Ratu Boko, ada kesenian cokekan, gejok lesung, srandul, elektune, punakawan, keroncong dan campursari di depan gerbang. Wisatawan dapat pula menikmati Goa Lanang di plaza belakang serta panorama Candi Prambanan dari samping.
 
Sedangkan, Candi Borobudur menghadirkan kesenian musik keroncongan, askrab, kidung karmawibangga di Panggung Lumbini. Wayang kulit mini, coke'an dan gending rohani di Pendopo Utara, serta kirab gajah tamu perdana di pintu utama.
 
Selain itu, masih ada kereta taman, sepeda wisata, jamparingan, gajah tunggang dan mobil golf di Plaza Dalam. Ada pula andong tilik desa dan wisata desa di Perempatan Ngasem, serta film empat dimensi dan kuda tunggang di depan Museum Borobudur.
 
Sambut akhir tahun, diselenggarakan pula Borobudur Cultural Festival 2017 yang dimulai sejak 31 Desember 2017 pagi. Ada demo masak, tari dolanan anak, karawitan, bregada, sampai musik-musik modern pada malam harinya.
 
Salah satu wisatawan yang ditemui di Candi Prambanan, Dinda, mengaku memang sengaja menghabiskan waktu liburan akhir tahunnya di DI Yogyakarta. Karenanya, Candi Prambanan jadi salah satu tujuan wisatanya.
 
"Memang selama liburan di Jogja (DIY), jadi sekalian nikmatin Candi Prambanan," kata wisatawan asal Jakarta tersebut kepada Republika.co.id, Senin (27/12) malam.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement