Kamis 28 Dec 2017 04:23 WIB

Lima Destinasi Wisata Unggulan Khas Kotabaru

Taman Bawah Laut Pahawang
Foto: Republika/Prayogi
Taman Bawah Laut Pahawang

REPUBLIKA.CO.ID, BATULICIN -- Wakil Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, Burhanuddin mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat akan mengunggulkan lima destinasi wisata. "Memang Kotabaru memiliki banyak objek wisata, tetapi sementara lima yang menjadi program unggulan," ujarnya di Batulicin, Banjarmasin, Rabu.

Lima destinasi wisata yang program unggulan Pemkab Kotabaru pada 2018, terdiri empat kategori objek wisata bahari dan satu objek wisata alam kehutanan. Objek wisata bahari yaitu Taman Siring Pulau Laut yag berada di depan Kantor Pemkab setempat, Pantai Sarang Tiung, Teluk Tamiang, serta Pulau Sambar Gelap.

Sementara, keunggulan objek wisata alam kehutanan yaitu berupa Taman Hutan Meranti Putih. Saat ini baru satu-satunya di dunia.

"Kemudian Tanam Siring Pulau Laut yang berada di pusat kota Kotabaru, akan kita sulap dengan daya tarik melebihi Pantai Losari Makassar atau minimal sama," katanya.

Begitu pula Pantai Sarang Tiung. Selain jarak yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota Pemkab Kotabaru, pantai ini juga memiliki panorama khas yang belum banyak terdapat di nusantara Indonesia. Selain pasirnya yang putih, panorama Pantai Sarang Tiung itu di timur luat (Laut Sulawesi dan Selat Makassar) dan di barat pemandangan pegunungan Gunung Sebatung yang puncaknya berselimutkan kabut kala pagi dan senja hari.

Selain itu, Teluk Tamiang menyuguhkan panorama bawah laut dengan keindahan terumbu karang serta aneka biota laut. Keindahannya, kata Burhanuddin, dijamin tidak kalah bila dibandingkan objek wisata bahari Bunaken.

Sedangkan Pulau Sambar Gelap Kotabaru, selain sarat dengan panorama kebaharian, juga terdapat jenis penyu hijau yang merupakan satwa langka serta mendapatkan perlindungan dari kepunahan. "Dengan mengunggulkan lima distenasi wisata tersebut, bukan berarti Pemkab tidak memperhatikan objek wisata lain di 'Bumi Sa-ijaan' Kotabaru," katanya.

Di kabupaten paling timur Kalsel yang berbatasan Laut Sulawesi dan Salat Makassar, serta Laut Jawa (Laut Indonesia) itu banyak terdapat objek wisata, antara lain Pantai Gadambaan, Goa Temu Luang, Goa Sugong, serta objek wisata ziarah Masjid Tamiang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement