Rabu 27 Dec 2017 05:33 WIB

Memasak Sendiri Burger di Dapur Rumah

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Indira Rezkisari
Burger dan kentang goreng.
Foto: Pixabay
Burger dan kentang goreng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roti isi daging atau akrab disebut burger mungkin menjadi makanan yang akrab bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa menyantap makanan cepat saji. Namun banyak penelitian yang mengungkapkan bahaya dari terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, seperti penyakit kolesterol, jantung hingga penyakit berbahaya lain.

Namun bagi pecinta burger, Anda dapat mengatasinya dengan membuat sendiri burger kesukaan anda di rumah. Juru masak salah satu rumah makan India, Chef Gautama Chandra memberikan beberapa tips mudah untuk membuat burger di rumah.

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah panas, goreng daging ayam hingga berwarna kecokelatan, lalu angkat.

Ambil roti burger lalu oleskan mentega. Isi bagian dalam roti burger dengan daun selada, bawang bombay, daging ayam yang telah digoreng, dan irisan tomat. Oleskan mayones di atas tomat dan tutup dengan bagian lain roti burger, dan siap disajikan.

Bagi penggemar tenderloin burger, juru masak Le Meridien Goa, Chef Nishesh Seth juga memberikan resep mudah untuk membuat tenderloin di rumah.

Sebelum memanggang, bumbui daging tenderloin dengan rosemary, garam, lada hitam dan minyak. Diamkan daging dan masukkan ke dalam lemari pendingin selama satu jam. Setelah dingin potong daging menjadi irisan tipis.

Siapkan wajan, goreng bawang bombay yang telah dibaluri tepung roti, lalu angkat. Panaskan minyak dan masukkan irisan daging tenderloin di dalam panci, masak selama 30 detik setiap sisinya, seperti dilansir dari laman Indian Express.

Oleskan mayones pada masing-masing bagian. Letakkan selada, tomat dan sayuran pelengkap lain (sesuai selera) di salah satu bagian roti burger, lalu tutup dengan bagian roti lainnya. Sajikan bersama kentang goreng dan saus sambal.

Mudah, bukan? Dijamin lebih sehat daripada burger di restoran cepat saji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement