Ahad 17 Dec 2017 00:41 WIB

Bori Kalimbuang Masih Destinasi Wisata Favorit Pelajar

Bori Kalimbuang
Foto: indonesia-tourism
Bori Kalimbuang

REPUBLIKA.CO.ID, TORAJA UTARA, SULAWESI SELATAN -- Salah satu destinasi wisata Toraja Utara, Sulawesi Selatan yakni Bori Kalimbuang hingga kini masih menjadi magnet dan sebagai unggulan bagi para wisatawan khususnya dari kalangan pelajar.

Petugas tiket Bori Kalimbuang, Berlianti di Toraja Utara, Sabtu (16/12), mengatakan dalam beberapa hari ini atau waktu liburan ini memang banyak kalangan pelajar yang berkunjung baik untuk berwisata langsung atau melakukan studi tur.

"Tiga hari yang lalu, lima ratusan siswa dari Makassar datang dan menikmati keindahan dari pemandangan di Bori Kalimbuang. Sebelumnya juga ada ratusan pelajar dari Jakarta yang juga melakukan studi tur kesini," katanya.

Ia menjelaskan, ciri khas destinasi yang menghadirkan batuan purbakala. Ratusan buah menhir atau batu tunggal yang berdiri kokoh dengan ketinggian yang berbeda-beda, memang memberikan pemandangan yang menarik dan unik.

Selain menawarkan ratusan menhir yang begitu indah, dibeberapa bagian dalam juga terdapat bangunan yang disebut balakkayan. Balakkayan sendiri merupakan tempat membagikan daging hewan saat upacara pemotongan hewan.

Destinasi ini juga menghadirkan bangunan Lakkiaan sebagai tempat jenasah disemayamkan saat upacara dilangsungkan, sehingga membuat destinasi dari Toraja Utara ini tetap menjadi unggulan dan bertahan hingga saat ini.

Ia menambahkan, selain dari pelajar tentu juga hadir wisatawan umum dan asing. Tujuan mereka tentu sama untuk menikmati keindahan yang ditawarkan sekaligus dimanfaatkan untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Untuk tiket masuk, menurut dia, juga begitu mendukung yakni setiap wisatawan hanya dibebankan membayar Rp10.000 dan sudah bisa menikmati keindahan yang ditawarkan Bori Kalimbuang sepuasnya.

"Untuk tiketnya juga begitu bersahabat hanya membayar Rp 10 ribu untuk setiap kepala. Kami juga bersyukur respon masyarakat yang terus meningkat," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement