Jumat 15 Dec 2017 17:51 WIB

Album K-Pop IU Raih Posisi Terbaik Versi Billboard

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Penyanyi Korea IU
Foto: EPA
Penyanyi Korea IU

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Lagu single jadi kekuatan bagi musisi K-Pop untuk memperkenalkan lagunya. Namun untuk memperkenalkan album secara utuh menjadi sesuatu yang sulit. Billboard baru saja merilis 20 album K-Pop terbaik 2017.

Musisi muda IU berhasil meraih posisi pertama dengan album 'Pallete'. Album tersebut dinilai Billboard sebagai album yang bersinar dan berisi cerita yang ingin IU bagikan di balik gaun dan riasannya saat bernyanyi. IU membawa pendengar albumnya mengikuti kisahnya, seperti dalam lagu 'Dlwlrma' yang memiliki lirik "Ini adalah sebuah saya."

Lagu 'Pallete' yang dijadikan sebagai lagu utama pun bertuliskan bagaimana IU tumbuh hingga seperti sekarang, sementara lagu "Jam Jam" dan "Ending Scene" berkisah pahit manis percintaan yang dialami oleh bintang, dilansir dari AllKpop.

Posisi kedua diraih oleh grup hiphop Epik High dengan album 'We've Done Something Wonderful'. Di album ke sembilannya ini Epik High menggaet banyak musisi hampir di 11 lagu yang ada di album tersebut. Dengan kolaborasi tersebut yang membuat album ini bersinar.

Sebut saja lagu 'No Thanxxx', dimana Epik High berkolaborasi dengan rapper lain seperti Mino, Simon Dominic dan The Quiett. Juga lagu 'Here Comes The Regrets' bersama Lee Hi yang menggunakan lirik berbahasa Inggris dan terkesan gelap. Serta lagu 'Lost One', kolaborasi dengan Nell yang berkisah tentang keputusasaan.

Pada posisi ketiga terdapat grup berbakat yang pernah meraih posisi ketujuh di 200 tangga lagu terbaik Billboard, BTS. Dengan album 'Love Youself: Her', BTS membuktikan eksistensi K-Pop di mata dunia. Lagu 'Mic Drop' dan 'DNA' kemudian di remix oleh Steve Aoki dan mencapai tangga lagu tertinggi.

Selanjutnya terdapat album 'Bittersweet' dari Baek Ah Yeon. Gaya suaranya yang khas membuat seluruh lagu di albumnya menarik perhatian. Genre jazz menjadi yang dominan di albumnya, sebut saja lagu 'Sweet Life' dan 'Just Friends'.

Posisi kelima terdapat sub grup dari boyband Got 7, JJ Project. Setelah lima tahun JB dan Jinyoung kembali dengan album 'Verse 2'. Grup duo ini memberikan gaya lagu yang khas dari genre electronica-dipped rock dan R&B.

Selain kelima musisi tersebut, seperti dilansir dalam laman Billboard, 15 musisi lain berhasil meraih posisi 20 besar. Berikut daftar lengkap 20 album K-Pop terbaik versi Billboard.

1. IU - 'Pallete'

2. Epik High - 'We've Done Somethin Wonderful'

3. BTS - 'Love Yourself: Her'

4. Baek Ah Yeon - Bittersweet'

5. JJ Project - 'Verse 2'

6. Bobby - 'Love and Fall'

7. Heize - '///'

8. Highlight - 'Can You Feel It?'

9. Suran - 'Walkin'

10. Red Velvet - 'Perfect Velvet'

11. EXO - 'The War'

12. Glen Check - 'The Glen Check Experience'

13. B1A4 - 'Rollin'

14. Zion T - 'OO'

15. Taeyeon - 'My Voice'

16. CNBLUR - '7 CN'

17. Taemin - 'Move'

18. Seventeen - 'Al1'

19. Twice - 'Twicetagram'

20. Lee Hyori - 'Black'

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement