Jumat 15 Dec 2017 05:02 WIB

PLN Kembangkan Desa Wisata Terong

Desa Wisata Terong.
Desa Wisata Terong.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PANDAN -- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Bangka Belitung mengembangkan objek wisata berbasis masyarakat di Belitung melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di kawasan Desa Terong. Desa wisata terong menawarkan paket wisata berupa tanam dan panen sayur sawi, makan bedulang, outbond, dan camping.

"Wilayah ini dulunya bekas tambang timah, rusak parah tidak bisa diolah apapun, namun sekarang sudah menjadi desa wisata," kata Koordinator Desa Terong Iswandi di Tanjungpandan, Belitung, Kamis (14/12).

Salah satu ciri khasnya adalah wisata makan bedulang, yang merupakan tradisi makan khas Belitung, di mana satu dulang terdiri atas nasi, satu ekor ikan bakar, satu potong ikan sayur (lebih dikenal dengan gangan), cuki goreng, sambal serai, daun singkong dan sayur genjer. Satu dulang cukup untuk dimakan bersama empat orang melingkar. Lebih dari itu, di sini pengunjung juga dapat menikmati pengalaman menganyam dan melukis caping.

Awalnya lokasi yang dijadikan sebagai tempat wisata ini merupakan lubang bekas tambang timah. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir warga desa bersama dengan para pemuda kompak menimbun lubang tersebut kemudian mengolahya menjadi kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pengelola seluruhnya adalah anggota dan komunitas Desa Terong dengan melibatkan perangkat desa, pemuda, ibu-ibu dan bapak-bapak. Itu semua merupakan bentuk dukungan nyata PLN dalam pengembangan pariwisata di pulau Belitung.

"Saat ini kondisi kelistrikan di pulau Belitung sudah surplus, PLN mendukung pariwisata Belitung baik melalui kesiapan listrik maupun program-program CSR," ujar General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Susiana Mutia.

Dalam melaksanakan program CSR, PLN menggandeng segenap pihak terkait antara lain perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ketua Destination Management Organization (DMO), dan para kepala desa serta tokoh masyarakat. Untuk mendorong pertumbuhan pariwisata, saat ini Belitung memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) di Tanjung Kelayang dan kawasan tata kelola destinasi wisata yang ada di Kecamatan Sijuk dan Tanjungpandan.

Adanya bantuan CSR PLN ini diharapkan mampu menyiapkan komunitas-komunitas dan desa-desa yang ada menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi. Sehingga nantinya dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

Di sisi lain, pengembangan dan pembinaan desa wisata tersebut diiringi dengan konsep pembentukan kawasan desa wisata "green energy". Di mana pada desa-desa binaan tersebut didorong untuk menjadi desa tertib listrik dan menggunakan peralatan listrik modern seperti kompor listrik dan perahu motor listrik.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement