Rabu 13 Dec 2017 05:12 WIB

Berapa Lama Daging Bisa Disimpan dalam Freezer?

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Daging beku
Foto: pixabay
Daging beku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum penemuan freezer, salju dan cuaca dingin adalah satu-satunya cara untuk menjaga agar makanan tetap dingin. Untuk melestarikan makanan, mereka yang tinggal di iklim yang lebih dingin harus membuat freezer dengan menggali lubang di tanah, mengisinya dengan salju dan menutupi dengan sedotan. Makanan dikumpulkan untuk konsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Di pertengahan tahun 1800-an, kulkas ditemukan. Meskipun butuh beberapa waktu untuk menjadi alat di dapur rumah, alat ini pada akhirnya mengubah cara kita mengkonsumsi makanan. Yang lucu adalah, kita bahkan tidak tahu bagaimana memanfaatkan freezer sepenuhnya.

Sebagian besar dari kita akan menaruh sepotong daging atau ayam ke dalam freezer agar tidak rusak kandungannya. Tapi Anda mungkin belum tahu seberapa lama makanan seharusnya disimpan dalam freezer agar dapat tetap segar.  Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa daging beku dapat bertahan di dalam freezer dalam jangka waktu yang lama.

Seringkali sebagian dari Anda  membuang daging yang sebenarnya masih bagus. Jadi cobalah lihat panduan daging di bawah ini dengan informasi yang diberikan oleh USDA. Dan dengan menggunakan tas segel zip dan spidol permanen, Anda bisa menghindari pemborosan makanan.

 

Sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, Anda harus selalu menuliskan tanggal di atasnya, dengan begitu Anda tidak perlu mempertanyakan berapa lama telah dibekukan. Dan, percaya atau tidak, beberapa daging bisa bertahan di dalam freezer hingga satu tahun tanpa menurunkan kualitas daging, dilansir dari Huffington Post.

Waktu freezer:

Ayam masak - 4 bulan

Bagian unggas yang tidak dimasak - 9 bulan

Unggas utuh - 12 bulan

Daging dimasak - 2 sampai 3 bulan

Daging panggang mentah - 4 sampai 12 bulan

Steak atau daging mentah - 4 sampai 12 bulan

Daging mentah yang belum dimasak - 3 sampai 4 bulan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement