Jumat 08 Dec 2017 16:51 WIB

Kabupaten Bandung Bidik Lima Juta Wisatawan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wisatawan berfoto dengan latar belakang hutan pinus di kawasan wisata Lodge Maribaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (5/11).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Wisatawan berfoto dengan latar belakang hutan pinus di kawasan wisata Lodge Maribaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (5/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Pemerintah Kabupaten Bandung membidik lima juta kunjungan wisatawan pada 2018. Jumlah tersebut ditargetkan berdasarkan kondisi Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang telah dibuka dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (4/12) lalu.

"Kita targetkan tahun depan sebanyak 5.3 juta kunjungan wisatawan. Sekarang (2017) masih di angka 4 juta," ujar Kabid Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Vena Andriawan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (8/12).

Ia menuturkan, dengan beroperasinya jalan Tol Soroja yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung. Maka diharapkan kunjungan wisatawan asal luar kota bahkan luar negeri bisa meningkat ke destinasi wisata yang berada di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, kenaikan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung bisa dilihat Sabtu (9/12) besok di Tol Soroja. Sebab, dengan adanya tol tersebut wisatawan diuntungkan karena jarak tempuh Bandung-Soreang bisa lebih singkat sekitar 10 menit lebih.

Dirinya menambahkan, kawasan Budaya Sabilulungan yang di dalamnya terdapat Gedong Budaya Sabilulungan, Science Centre dan Dome Balerame bisa menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Bandung.

Vena mengatakan Pemkab Bandung juga akan melakukan kerjasama bersama Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung Barat terkait kunjungan wisatawan. Dimana, setelah kunjungan ke Kabupaten Bandung atau ke Kota Bandung wisatawan dapat berwisata secara bergantian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement