Selasa 28 Nov 2017 12:45 WIB

Tujuh Tradisi Pernikahan Keluarga Kerajaan Inggris

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Foto: EPA
Pangeran Harry dan Meghan Markle.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pangeran Harry dan aktris Meghan Markle telah bertunangan untuk menikah tahun depan. Saat-saat ini adalah momen yang menyenangkan bagi pasangan Kerajaan Inggris ini.

Namun, menikahi keluarga kerajaan bukanlah sesuatu yang bisa disamakan dengan pernikahan biasa. Pernikahan mereka tetap mengikuti peraturan pernikahan Kerajaan Inggris meskipun Meghan Markle bukan dari golongan bangsawan.

Ada kabar bahwa Markle telah membuat perubahan agar sesuai dengan keluarga Kerajaan Inggris. Pernikahan pasangan initidak akan berbeda dan sepertinya Pangeran Harry akan mengikuti tradisi yang sebelumnya juga telah diikuti oleh Pangeran William, Pangeran Charles, dan Pangeran Philip, seperti yang dikutip dari The Express, Selasa (28/11).

Seragam Militer

Sebagai seorangpangeran, Harry akan mengenakan seragam militer saat menikah. Karena ini adalah tradisi bagi pengantin pria kerajaan untuk menikah dengan pakaian militer.

Sebelumnya, Pangeran William memilih seragam militer dari Irlandia berwarna merah saat menikahi Kate Middleton pada 2011.

Cincin Pernikahan

Pangeran Harry tidak mungkin memakai cincin pernikahan setelah menikah. Hal itu juga dilakukan oleh Pangeran Philip dan Pangeran William. Ini adalah kebiasaan aristokrat.

Namun, Pangeran Charles adalah pengecualian. Ia mengenakan cincin pernikahan saat menikah dengan Putri Diana di jari kelingkingnya bahkan setelah kematiannya.

Ia tidak mengenakan cincin pernikahan di awal 2005. Kemudian Pangeran Charles mengenakan cincin pernikahan lagi setelah menikahi Duchess of Cornwall pada April 2005.

Pesta Bujang

Semua pengantin pria modern melakukan hal ini. Namun, hal ini akan menjadi informasi rahasia.

Sebelumnya dikabarkan Pangeran William merayakan pesta ini di perkebunan milik seorang teman di luar London. Pangeran Charles juga menyelenggarakan acara ini sebelum menikahi Diana.

Pendamping Mempelai Pria Terbaik

Mempelai pria dalam pernikahan kerajaan secara tradisional memilih pendukung dan bukan orang terbaik. Tetapi, Pangeran William melanggar tradisi ini dan menjadikan Harry sebagai pendamping mempelai terbaiknya pada 2011. Kemungkinan Harry akan membalasnya saat menikah nanti.

Rencana Tempat Duduk

Keluarga kerajaan akan duduk di sebelah kanan gereja saat pernikahan Harry. Harry dan tamunya bisa mencicipi kue pernikahan. Kue tradisional pernikahan biasanya memiliki buah-buahan.

Namun saat Pangeran William menikah, ia memilih kue favoritnya yakni Chocolate Fridge Cake. Rasa kue pernikahan Pangeran Harry belum terungkap.

Bulan Madu

Pangeran Harry mungkin akan mengikuti saudaranya yaitu beristirahat sejenak sebelum berangkat bulan madu di kemudian hari.

Nama Baru

Pangeran Harry kemungkinan akan diberi gelar baru Duke of Sussex oleh sang ratu. Sementara itu, Meghan Markle akan menjadi Duchess of Sussex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement