Ahad 26 Nov 2017 06:22 WIB

Marlina Menang Penghargaan Five Flavours Asian Film Festival

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pemeran dan kru produksi film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merilis poster dan jadwal tayang film tersebut di Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/9).
Foto: Republika/Ahmad Fikri N
Pemeran dan kru produksi film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merilis poster dan jadwal tayang film tersebut di Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak menang penghargaan NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival. Karya sutradara Mouly Surya berhasil mengalahkan film-film yang berasal dari Taiwan, Hong Kong, Bangladesh, Malaysia, Jepang, Thailand, Filipina, Bhutan , dan Vietnam.

Festival yang sudah diadakan sebanyak 11 kali ini diadakan pada 15-22 November di ibu kota Polandia, Warsawa, yang diselenggarakan oleh Arteria Art Foundation. Menurut tim penilai, pemilihan Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan keputusan yang bulat untuk penghargaan NETPAC di Five Flavours Asian Film Festival tahun ini.

"Film ini memilikivisi tunggal yang unik, terutama dalam kualitas gayanya, menggunakan ikonografi genre Western yang ditransformasikan ke lanskap Asia kontemporer. Ini istimewa dan menantang, dan disertai dengan kualitas luar biasa dalam editing dan desain suara pada khususnya," seperti dikutip dari situs resmi festival, www.piecsmakow.pl.

Tim penilai mengungkapkan jika tangan dingin Mouly tidak diragukan untuk mengarahkan film dengan hasil yang luar bisa. Dia menjadi salah satu talenta Asia yang luar biasa saat ini dan Mouly membawa suaranya yang khas ke film tersebut.

"Pada sesi tanya jawab setelah pemutaran Marlina, banyak penonton yang tertarik dengan konteks kultur Sumba dan Indonesia dari film ini. Saya berterima kasih Marlina mendapat sambutan yang baik di Polandia," ujar Mouly Surya melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Film Marlina siPembunuh dalam Empat Babak diperankan oleh Marsha Timothy (Marlina), Egi Fedly (Markus), Dea Panendra (Novi), dan Yoga Pratama (Frans). Dikisahkan Marlina harus melawan sekawanan tujuh perampok yang berada di rumahnya dan membuatnya terpaksa harus membunuh mereka semua.

Five Flavors Asian Film Festival adalah survei tahunan bioskop dari Asia Selatan dan Tenggara. Selama 11 tahun, fetival ini telah membawa pemutaran film-film dari yang tidak akrab di bagi warga Polandia.

Film-film yang masuk seleksi festival ini dipilih dengan sangat cermat. Progam New Asian Cinema menghadirkan suara segar dan produksi yang luar biasa yang membahas isu terkini dan dapat memperluas batas imajinasi film. Penghargaan dari Five Flavours Asian ini menambah panjang pencapaian Marlina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement