Kamis 23 Nov 2017 15:05 WIB

Alam Beri The Changcuters Inspirasi Berkarya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Hazliansyah
The Changcuters dalam acara Djarum Trees for Life - Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura di Alun-Alun Bangkalan, Jawa Timur.
Foto: Republika/Dwina Agustin
The Changcuters dalam acara Djarum Trees for Life - Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura di Alun-Alun Bangkalan, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKALAN -- Inspirasi menciptakan karya dalam bermusik bisa datang dari mana saja. Termasuk dengan kegiatan yang berdekatan dengan alam.

Hal itu pula yang terjadi pada band asal Bandung, The Changcuters. Alam disebut membantu mereka memberikan inspirasi dalam bermusik. Salah satunya di lagu berjudul "Lestarikan Sang Pohon" yang terdapat di album "Visualis".

"Setelah kami bergabung dan ikut kegiatan Djarum Foundation, akhirnya itu jadi inspirasi kami buat bikin lagu 'Lestarikan Sang Pohon'" kata Tria, vokalis The Changcuters di acara "Djarum Trees for Life - Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura" di Alun-Alun Bangkalan, Jawa Timur, kemarin.

Tria mengatakan jika pohon adalah seperti pahlawan tanpa tanda jasa. Keberadaan pohon tidak pernah meminta sesuatu dari manusia. Justru pohon selalu bisa memberikan sesuatu pada manusia tanpa pamrih.

Terciptanya lagu tersebut pun, diakui Tria, muncul karena spontanitas saja. Ketika sudah terlibat dan melihat keadaan lingkungan secara langsung, grup band yang terdiri dari Tria (vokalis), Qibil (backing vocal & gitaris), Alda (gitaris), Dipa (bassis), dan Erick (drummer) itu pun sadar pentingnya kedudukan alam.

"Sebagai musisi kontribusi yang paling dekat bisa dilakukan untuk alam dengan membuat karya. Karya tersebut diharapkan bisa mengedukasi penikmat musik untuk menjaga lingkungan mulai dari hal terkecil seperti membuang sampah tidak sembarangan," kata Tria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement