Sabtu 18 Nov 2017 15:06 WIB

Jadi Ayah Hebat untuk Generasi Lebih Baik

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ayah bersama anaknya (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Ayah bersama anaknya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendidik dan wirausahawan Satrio Pradono mengajak para ayah bisa menjadi hebat untuk menghasilkan generasi yang lebih baik.

Menurutnya, anak-anak yang memiliki hubungan erat dengan ayahnya akan lebih memiliki perilaku yang lebih baik. Ini karena berdasarkan penelitian, keterlibatan seorang ayah dalam mengasuh akan menjadikan anak lebih baik secara emosional dan akademik.

"Karena itu, dengan segala pengalaman hidup yang kita punya, sebagai ayah kita harus mencoba untuk mendidik anak kita dan mengayomi untuk bekal kehidupan nanti," katanya saat mengisi seminar Gerakan Ayah Hebat Indonesia 2017, di Jakarta, Sabtu (18/11).

Ia meminta para ayah untuk meluangkan waktu bersama anak dan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan mendidik. Misalnya melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari seperti membersihkan atau merapikan rumah, mencuci mobil/motor, sendok, garpu, piring plastik, dan lainnya.

Kehadiran ayah, kata dia, bukan hanya secara fisik tetapi juga secara batin saat melakukan setiap aktivitas bersama anak. Misalnya memanfaatkan teknologi. Ia menjelaskan sang ayah juga bisa menerapkan pemakaian teknologi secara bijak dan sesuai umur anak.

Teknologi juga bisa digunakan untuk menghabiskan waktu atau membuat sesuatu yang lebih mendidik. Misalnya penggunaan tablet juga bisa digunakan untuk membuat dan memprogram robot. Ayah juga berperan dalam membentuk budi pekerti anak.

"Sebagai ayah kita diwarisi ilmu budi pekerti oleh orang tua. Oleh karena itu kita berkewajiban mewarisi ilmu tersebut kepada sang anak tentunya dengan sedikit penyesuaian agar dapat diterima dengan perkembangan generasi masa kini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement