Kamis 09 Nov 2017 06:15 WIB

Hemat Uang untuk Dekorasi Rumah

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Belanja furnitur untuk rumah tangga.
Foto: Republika/Prayogi
Belanja furnitur untuk rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan muda biasanya menghabiskan banyak uang untuk dekorasi rumah, mulai dari biaya perabotan, karpet, piring, hingga bantal tidur. Sebagian dari mereka menghemat uang dengan membeli sofa murah dan kualitas rendah, sayangnya ini tidak menjadi solusi sebab beberapa bulan kemudian akan rusak.

Apakah Anda ingin mempercantik rumah dengan dekorasi murah tapi tidak murahan? Berikut beberapa tips yang bisa diikuti, dilansir dari Real Simple.

Karpet

Desainer interior dari Pencil & Paper Co, Gen Sohr mengatakan ada begitu banyak pilihan karpet berbahan alami yang indah dan mencuri perhatian. Karpet terbuat dari anyaman goni yang bewarna hitam, abu, atau cokelat misalnya bisa menyembunyikan tampilan kotor dari ruangan. Harganya juga ramah di kantong, namun tetap antik.

Ruang tamu

Bantal bisa mengubah gaya sofa biasa menjadi luar biasa. Selimut kursi juga bisa mempercantik kursi berlengan dan mengubah keseluruhan tampilannya.

Anda cukup berinvestasi pada bantal linen dan sejumlah sarung bantal untuk ditempatkan di sofa yang biasa. Cari juga selimut sofa berukuran standar untuk alternatif gaya sofa.

Aneka gelas

Barang pecah belah seperti gelas salah satu produk hemat, namun tetap mempercantik rak susun rumah Anda. Desainer interior dari Ishka Designs, Anishka Clarke dan Niya Bascom mengatakan aneka gelas yang dimaksud tak perlu mahal, melainkan cukup satu atau dua set gelas anggur bertangkai dan tanpa tangkai untuk digunakan sesekali saat tamu berkunjung. Bentuknya lebih kokoh, lebih murah, namun tahan lama.

Meja hias

Ketika Anda masuk ke sebuah rumah, hal yang menjadi perhatian adalah meja dan sofa. Meja tamu menuntut lebih banyak perhatian, ketimbang sofa. Anda cukup membeli sofa standar, namun dengan hiasan aneka bantal, dan meja hias.

Bentuk meja hias ini bisa berupa coffee table atau side table yang tidak biasa. Banyak meja hias murah, namun modern bisa menjadi pilihan. Desainer interior darii McGee Studio, Shea McGee merekomendasikan rumah modern, eklektik, bohemian, atau tradisional bisa menggunakan meja-meja hias dengan layering unik di luar sana.

Kursi bar

Banyak kursi bar (bar stool) yang bisa dibeli dengan harga murah, namun tetap high-end. McGee menyarankan kursi bar yang berbahan logam atau kayu tanpa lapisan kain atau busa. Ketinggian kursi bisa disesuaikan dan penempatannya lebih variatif.

Pencahayaan

Pencahayaan menentukan nada keseluruhan ruangan, sehingga Anda perlu serius berinvestasi pada bidang ini. Anda bisa menghabiskan uang sedikit lebih banyak untuk lampu yang bisa dipakai jangka panjang.

Sofa santai

Sofa santai biasanya ditempatkan di ruangan pribadi. Ini adalah perabot yang nyaman, berkualitas, dan bagus, sebab tuan rumah akan menghabiskan lebih banyak waktu di sini.

Pasangan suami istri bisa berjam-jam menonton televisi di atas sofa. Keluarga juga berbincang bersama, antara orang tua, anak-anak, dan hewan peliharaannya. Jadi, hindari membuat keputusan terburu-buru untuk urusan sofa.

Kunci dari rumah cantik adalah menemukan seni dan gaya yang Anda sukai. Anda bisa mengeksplorasinya lewat foto-foto di Instagram, halaman khusus, dan tur virtual di kota Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement