Jumat 09 Apr 2021 22:54 WIB

Kiat Menata Interior Rumah Agar Penghuni Betah

Pemilihan disain ruangan, furnitur dan warna cat akan mempengaruhi suasana yang ada

Penataan interior dan pemilihan warna yang tepat juga memiliki andil besar agar penghuninya betah berlama lama di dalamnya.
Foto: istimewa
Penataan interior dan pemilihan warna yang tepat juga memiliki andil besar agar penghuninya betah berlama lama di dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Rumah nyaman bukan hanya ditentukan lokasi saja. Penataan interior dan pemilihan warna yang tepat juga memiliki andil besar agar penghuninya betah berlama lama di dalamnya. Terlebih dalam suasana pandemi saat ini yang mengharuskan orang berada di rumah dalam waktu lama, membuat peran rumah kian penting.

Ada banyak cara yang dilakukan orang dalam menata huniannya. Namun, Endy Nahya, Desainer Interior Nippon Paint Indonesia berbagi tips ringan bisa menjadi petunjuk bagi anda yang gemar atau ingin menata istana kecilnya agar lebih menyenangkan. Langkah pertama yang dilakukan adalah tentukan lokasi, kamar atau sudut mana yang akan direnovasi. Kedua, tujuan penataan untuk keperluan apa. Sebagai ruang kerja, ruang istirahat, tempat bermain atau lainnya. Ketiga, pilihlah warna cat dinding yang sesuai dengan kegunaan ruang agar terasa nyaman.

Setiap warna cat selalu mengusung tema tersendiri yang dapat mempengaruhi suasana. Seperti klasik, natural, ceria yang berkesan aktif atau pastel yang berkesan lembut atau feminin. Selain pemilihan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas, maka pemilihan warna furniture dengan warna netral dan terang seperti putih, cream, atau abu-abu muda agar ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman saat digunakan.

"Warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Selain itu, keserasian warna juga penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis,"kata Endy di sela diskusi Hobi Dekorasi Selama Pandemi, Jumat (9/4). 

Keempat, tetapkan anggaran yang dibutuhkan untuk renovasi yang akan dilakukan. Besarnya anggaran akan mempengaruhi hasil akhir yang diinginkan. Kelima, Bersihkan barang di tempat yang hendak ditata yang sekiranya tidak digunakan atau tidak sesuai dengan konsep yang diinginkan dalam penataan ruangan.Keenam, bila perlu konsultasikan dengan tenaga ahli dibidangnya agar memperoleh hasil maksimal.

Windy Sekar Public Relation Nippon Paint Indonesia menjelaskan, konsumen yang hendak menata kembali rumahnya dapat memanfaatkan fasilitas Colour Scheme Service (CSS) yang merupakan konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan ada rekomendasi produk. "Hal ini memudahkan konsumen dalam mendekorasi interior rumah,"katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement